Wisata kota Solo

Alun Alun Kidul Kota Wisata Solo

Wisata kota Solo – Mendengar Alun-alun Kidul pasti identik dengan kota Yogyakarta. Tetapi ternyata Alun-Alun Kidul tak selalu tentang kota Yogyakarta karena Solo juga punya Alun-Alun Kidul. Alun-Alun Kidul merupakan halaman belakang dari Keraton Kasunanan Solo. Dahulunya Alun-Alun Kidul digunakan sebagai  ruang interaksi antara Keraton dengan masyarakat Solo serta lambang persatuan antara raja dan para bangsawan pada masa lalu. Ketika memasuki kawasan Alun-Alun anda akan disuguhi pemandangan berupa gerbong kereta jenazah Pakubowono X dan tepat di depan gerbong terdapat gundukan batu yang merupakan makan Kebo Kyai Slamet  yang hanya terpagari bambu. Seperti yang kita ketahui bahwa Kebo Kyai Slamet merupakan nenek moyang dari Kebo yang ada di keraton Kasunanan.

Alun alun kidul atau yang populer dengan nama Alkid kini digunakan sebagai tempat bersosialisasi dari mulai remaja, orang tua dan tak ketinggalan juga anak-anak. Pada pagi hari Alkid biasanya digunakan sebagai tempat berolahraga seperti olahraga lari dan tempat bermain bola. Nah, saat petang tiba biasanya Alkid mulai ramai dengan hiruk pikuknya. Alun-alun kidul menawarkan berbagai macam kuliner khas Solo seperti Wedang Ronde, Nasi Liwet, batagor, jagung bakar,dan masih banyak lagi. Namun yang paling banyak anda temui jika ke Alkid adalah pedagang bakso bakar. Ada puluhan pedagang bakso bakar menjajakan jualannya dengan variasi rasa dan keunikan yang berbeda-beda. Jadi Alkid juga bisa menjadi tempat yang direkomendasikan sebagai salah satu tempat berwisata kuliner. Selain kuliner Alun-alun Kidul juga menawarkan berbagai wahana hiburan seperti becak neon yang dihiasi dengan lampu neon yang ketika lampunya nyala akan membentuk macam-macam karakter di atas becak. Becak neon sering menjadi alternatif hiburan yang di sukai anak-anak. Selain becak neon ada juga odong-odong, kereta mini, mandi bola, istana balon dan masih banyak lagi wahana hiburan lainnya. Alun-alun Kidul bisa dibilang adalah salah satu tempat wisata malam yang murah dan mudah dijangkau sehingga cocok bagi semua lapisan masyarakat dari mulai yang berkantong tipis sampai yang berkantong tebal. Selain itu juga merupakan tempat favorit nongkrong remaja Solo. Kalau ke Solo silahkan anda mampir ke Alun-Alun Kidul, tapi harus diingat datangnya pada malam hari karena ramai dan lebih seru.

Yang paling enak itu ketika kita jalan – jalan di alun – alun kota Solo kita sambil makan sate kambing kuliner khas Solo.

Wisata Solo menyediakan Sewa mobil murah di Solo, menemani anda berpetualang menjelajahi budaya, tradisi dan kuliner kota Wisata Solo. Mari ke Solo bersama Wisata Solo

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *