Wisata Solo

Alun Alun Lor Kota Wisata Solo

Wisata Solo – Selain Alun-alun Kidul di Solo juga terdapat alun-alun Lor atau alun-alun utara. Berbeda dengan aktifitas di alun-alun Kidul yang ramai pada malam hari, sejak siang alun-alun Lor terlah ramai dengan hilir mudik para pengunjung. Memasuki alun-alun Lor ditandai dengan gerbang besar sebagai pintu masuk di dekat patung Selamet Riyadi. Memasuki alun-alun akan dibuat terpesona oleh rindangnya pohon beringin di sisi kiri dan kanan yang membuat kita tidak akan kepanasan meski cuaca sedang panas-panasnya. Berjalan sedikit lebih jauh lagi kita akan menemukan sejumlah kios yang berjejer yang menawarkan aneka batu mulia.

Ya benar, ini merupakan kawasan pasar batu mulia. Mereka menjual batu akik berbagai jenis dan bentuk, walaupun pamor batu akik telah menurun tetap saja pasar ini menyediaka cincin akik berbagai bentuk karena masih ada saja yang selalu mencari akik disini, ada juga kalung permata, kalung mutiara, tasbih dan ada juga batu bertuah disini.

Setelah pasar batu mulia selanjutnya kita akan menemukan Balai Agung yang merupakan tempat pembuatan kerajinan Wayang Kulit. Disini pengunjung bisa melihat proses pembuatan wayang kulit yang bahannya berasal dari kulit kerbau. Setiap tokoh wayang yang dibuat disini memiliki keunikan sendiri-sendiri, misalnya saja pada karakter dan ukiran-ukirannya.

Pembuatan tokoh wayang ukuran kecil membutuhkan waktu sekitar seminggu sedangkan untuk tokoh wayang kulit ukuran besar seperti raksasa membutuhkan waktu sekitar 2 minggu dalam proses pengerjaannya. Di tempat ini juga menerima pesanan wayang kulit dalam partai besar atau wayang kulit sebagai souvenir.  Setelah lelah melihat-lihat proses pembuatan wayang kulit, jalan sedikit anda akan menemukan pusat kacamata dan cinderamata di alun-alun Lor ini.

Ada berbagai kacamata dengan berbagai bentuk dan variasi mulai dari kacamata minus sampai kacamata anak gaul tersedia disini. untuk cinderamata yang ditawarkan disini meliputi keris, blangkon, wayang yang terbuat dari bahan karton yang harganya lebih terjangkau dari wayang kulit asli. Kemudian disebelah barat alun-alun terdapat salah satu mesjid tua di Solo yaitu Mesjid Agung Solo.

Bagian utama alun-alun Lor adalah sebuah alun-alun yang dahulunya digunakan sebagai tempat upacara Kerajaan yang aktifitasnya melibatkan rakyat serta tempat pertemuan raja dan rakyat. Ditengah alun-alun terdapat dua pohon beringin yang diberi pagar dan memiliki nama masing-masing Dewodaru dan Joyodaru.

Selagi kita berjalan – jalan di kota Solo, ada baiknya kita juga memesan makanan asli Solo yaitu Cambuk Rambak Solo yuk!

Saat ini alun-alun lor, menjadi tempat penampungan sementara pedagang Pasar Klewer yang mengalami musibah kebakaran, anda tetap dapat menikmati suasana alun-alun lor sambil berbelanja batik. Wisata Solo menyediakan sewa mobil murah di Solo, menemani anda berpetualang menikmati kekayaan kuliner, tradisi, budaya, batik bahkan wisata alam di Solo. Mari ke Solo bersama Wisata Solo.

Tag: #WisataSolo #AlunAlunLor #SeputarSolo #KhasSolo #SewamobilSolo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *