phonto (32)

Bandara Adisumarmo Gerbang Wisata Solo

Bandara Adisumarmo adalah bandar udara internasional yang dimiliki oleh kota Solo, walapun bandar udara Adisumarmo ini letaknya berada di daerah Panasan Kabupaten Boyolali. Adalah Adiesoemarmo Wirijoekoesoemo yang lahir di Blora pada 31 Maret 1921 yang namanya diabadikan sebagai nama Landasan Udara Panasan Solo. Adisumarmo bergabung ke dalam angkatan udara dengan pangkat Opsir MudaUdara 1 dari Australia sebagai Flight radio Operator dari NELAP. Adisumarmo menjadi perintis sekolah Radio Telegrafis Udara di lingkungan Angkatan Udara. Ketika itu beliau menjalankan misi kemanusiaan dengan membawa bantuan obat-obatan untuk Pemerintah Indonesia pada 29 Juli dengan Pesawat Dakota VT-CLA dan mendarat di Pangkalan Udara Maguwo Yogyakarta namun  pesawat yang beliau gunakan  ditembak jatuh oleh pesawat Kitty Hawk Belanda. Dan beliau gugur dalam peristiwa itu. Bandara Adi Sumarmo dioperasikan oleh PT. Angkasa Pura I. Bandara ini melayani  penerbangan antara lain, Garuda,Lion, Sriwijaya, Indonesia Air, Citilink, Silk Air, Air Asia, Batik . Selain itu bandara ini juga dipakai sebagai pangkalan TNI AU.

Bandara Adisumarmo memang tidak semegah bandar udara internasional lainnya,  namun bandara ini memiliki banyak keunggulan yang mungkin tidak akan kita temukan di bandara internasional di kota lain. Misalnya saja dari segi kebersihan dan kenyamanan di toilet. Tidak ada sampah yang berserak di lantai, kemudian toiletnya pun bersih, nyaman, dan kering. Kesantunan berlalu lintas pun harus diacungi jempol disini. Tidak ada lalu lintas yang semrawut di arena bandara, semuanya tertata rapi.  Jika kita melihat Zebra Cross di depan terminal kedatangan, kita akan melihat bahwa ada kesantunan orang-orang terhadap keselamatan pejalan kaki disini. Mereka akan berhenti tepat sebelum garis Zebra Cross, ada rasa saling menghargai yang tampak disini. Fasilitas lain yang tak kalah unggul adalah tampak dari kursi tunggu untuk calon penumpang, banyak tersedia kursi disana sehingga para penumpang yang menunggu nyaman dan tidak harus sampai duduk di lantai, apalagi untuk yang menunggu terlalu lama sangat kasihan bila mereka sampai harus duduk dilantai hingga berjam-jam.

Bila anda akan menghabiskan liburan anda ke Solo dan kecepatan sebagai pertimbangan utama menggunakan pesawat adalah pilihan yang tepat, dari Jakarta menuju Solo hanya membutuhkan waktu 55 menit. Bandara ini juga menjadi pilihan untuk warga sekitar Solo raya bahkan warga Jawa timur sisi barat untuk bepergian, suasananya tenang, nyaman, bersih dan tidak sesibuk bandara Adisucipto Yogyakarta adalah nilai tambahnya. Wisata Solo menyediakan sewa mobil murah di Solo, yang akan membawa anda menjelajahi keanekaragaman kuliner Solo, kental nya tradisi dan budaya Solo sebagai pusat kebudaayaan Jawa. Mari ke Solo bersama Wisata Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *