Benteng Vastenburg Wisata Sejarah Kota Solo

Benteng Vastenburg adalah salah satu cagar budaya kota Solo peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1745. Benteng ini dibangun atas perintah dari Baron Van Imhoff. Benteng ini digunakan oleh Belanda untuk mengawasi penguasa Surakarta kala itu dan sekaligus sebagai pusat garnisun. Ketika itu Belanda yang menguasai urasan di wilayah pribumi seperti, keamanan, perniagaan, pemukiman, tata kota, dan kebijakan-kebijakan. Bangunan yang berada di Jalan Jendral Sudirman ini dulunya bernama Grootmoedigheid. Bangunan benteng ini dikelilingi tembok batu bata dengan tinggi 6 meter dengan kontruksi bearing wall. Bentuk tembok benteng berupa bujur sangkar yang di ujung-ujungnya terdapat penonjolan ruangan yang disebut seleka. Di sekeliling tembok benteng kita akan mendapati parit yang difungsikan sebagai perlindungan dengan jembatan yang berada di pintu depan dan belakang. Di tengah terdapat lahan terbuka yang digunakan untuk upacara bendera. Sementara di dalam benteng terdapat petak-petak yang digunakan sebagai rumah tinggal para prajurit dan keluarganya. Selanjutnya setelah kemerdekaan, benteng ini dipakai sebagai markas TNI untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 70-an digunakan untuk tempat pelatihan prajurit dan pusat Brigade Infanteri 6 untuk wilayah Karesidenan Solo dan sekitar.

Meski sebelumnya benteng ini dibiarkan dan tidak terawat. Namun kini benteng Vastenburg telah menjadi perhatian Pemerintah kota Solo. Terbukti dengan adanya renovasi yang dilakukan pada Benteng Vastenburg, meski bangunan tidak berubah namun wajahnya sudah berseri kembali. Kini Benteng Vastenburg sering dijadikan tempat untuk mengadakan berbagai acara di kota Solo. mulai dari musik, berbagai festival sudah sering di adakan disini. letaknya yang sangat strategis, disebelah utara bersebelahan dengan Telkom Solo, di Selatan bersebelahan dengan PGS, sebelah Barat dengan Bank Indonesia, dan di sebelah timur dengan Luwes Sangkrah. Belum lagi tak jauh dari benteng ada Balai kota Solo,komplek Keraton Solo, Pasar Klewer dan Kampung Batik Kauman. Selain itu juga benteng ini semakin banyak yang tertarik mengunjunginya sebagai salah satu tempat untuk berwisata sejarah, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, dan para wisatawan yang ingin mempelajari segala aspek yang ada pada kota Solo. Nah, untuk itu tidak ada salahnya bagi warga Solo untuk tetap menjaga dan merawat Cagar budaya yang satu ini agar tidak dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Wisata Solo menyediakan sewa mobil murah di Solo, yang akan membawa anda berpetualang menjelajahi kekayaan tradisi, budaya, sejarah, kuliner dan alam di Solo raya. Mari ke Solo bersama wisata Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *