phonto (13)

Berkeliling Solo dengan Bus Tingkat Werkudara

Melihat bus kota atau bus antar kota di Solo adalah sesuatu yang sudah biasa . Tapi apa jadinya bila berkeliling kota Solo dengan Bus, apalagi Busnya adalah Bus tingkat yang mana bus tingkat ini lebih sering dijumpai di luar negeri saja.  Adalah Bus tingkat werkudara , sebuah bus tingkat berwarna merah yang telah menjadi alat transportasi khusus untuk para wisatawan yang ingin berkeliling kota Solo. Werkudara sendiri diambil dari nama seorang tokoh dari cerita Mahabarata yang merupakan anak kedua dari Bima. Pemberian nama werkudara dikarenakan tokoh ini memiliki perawakan tinggi besar, pemberani dan gagah perkasa.  Mungkin itulah yang mewakili penamaan bus dengan tinggi 4.5 meter ini. Bus Tingkat Werkudara telah memecahkan rekor MURI sebagai bus tingkat pertama yang digunakan untuk transportasi wisata serta bus tingkat pertama produksi dalam negeri. 

Banyak pilihan yang diberikan oleh Bus Tingkat Werkudara ini, jadi jangan khawatir bilamana anda ingin menggunakan bus ini berkeliling kota sendirian, berdua, atau dengan rombongan bahkan jika ingin menyewa bus ini, semua akan tetap dilayani. Mari berbicara soal harga tiket bus ini, untuk harga tiket eceran akan dikenai Rp. 20.000 per-orang, sedangkan bila disewa rombongan akan dikenai tarif Rp. 800.000 dengan maksimal 3 jam perjalanan, untuk overtime akan dikenai biaya Rp. 250.000 per-jam. Untuk tiket perjalanan retail anda bisa mendapatkannya di Dishubkominfo bidang angkutan kota Solo.  Untuk Sabtu-Minggu, bus ini beroperasi sebanyak 3 kali, yaitu pada jam 09.00 , 12.30, dan 03.30 WIB. Konfirmasi terlebih dahulu kebagia kontak person minimal sehari sebelum keberangkatan anda karena jika tidak tiket akan hangus.

Rute reguler  atau rute bukan sewaan dari Bus Tingkat Werkudara biasanya melewati jalan-jalan protokol di kota Solo antara lain, Manahan, Jalan Slamet Riyadi, Pasar Gede, Purwosari, Balaikota, RSUD dr Moewardi dan masih banyak jalan lainnya. Fasilitas yang bisa dinikmati oleh para penumpang adalah, desain interior yang bagus dilengkapi dengan TV, kursi VIP di lantai I dan AC, namun bagi yang ingin naik ke lantai dua anda hanya akan mendapatkan AC alami karena bagian atas dari bus ini  terbuka sehingga udara dapat bebas masuk. Selain itu lantai dua dari bus ini di desain cukup besar sehingga jangkauan pemandangan akan lebih luas, hanya saja bila matahari sedang terik maka anda harus merelakan tubuh anda terpanggang matahari. Bus Tingkat Werkudara dilengkapi dengan hotspot dan fotografer yang memungkinkan anda mengabadikan momen-momen yang tidak akan anda lewatkan melalui berbagai sosial media ataupun foto. Bus ini biasanya memiliki dua tempat pemberhentian yaitu Jalan Slamet Riyadi dan Taman Satwataru Jurug. Ayo jalan jalan ke Solo dan menikmati sensasi keliling kota menggunakan Bus tingkat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *