1460687627451

Bestik Solo Kelezatan Kuliner Asli Solo

Bestik Solo Kelezatan Asli Solo

Pernahkah anda mendengar tentang Bestik ? Salah satu  kuliner tradisi  yang hanya ada di Solo. Bestik Solo merupakan makanan peninggalan jaman kolonial Belanda. Bestik Solo ini berasal dari kata bieufstuk dalam bahasa Belanda atau beefsteak dalam bahasa Inggris.  Rasa bestik identik dengan masakan keraton Jawa yang kaya rempah dan manis. Daging sapi yang dicincang halus dan empuk ini sekilas mirip dengan kuliner selat Solo yang membedakannya adalah  bestik biasanya memiliki kuah yang lebih encer daripada selat Solo. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bestik adalah daging sapi cincang,irisan bawang bombay, bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, pala, merica, dan gula merah. Daging sapi ditumis bersama bawang bombay dan bumbu halus lalu dimasukkan kedalam kuah kaldu sampai mendidih, setelah itu disajikan dengan isian bestik berupa tomat, kentang goreng, dan wortel dan tidak lupa ditambah dengan kecap manis agar rasanya semakin mantap. Kini bestik tidak hanya berasal dari daging sapi tapi juga ada menu bestik ayam, jeroan ayam, lidah sapi, bestik telur dan lain sebagainya.

Ada dua tempat makan bestik Solo yang sangat terkenal di Solo yang bisa digunakan sebagai referensi bagi anda yang ingin mencicipi kuliner khas Solo ini.

  • Harjo Bestik, warung ini berada di jalan pusat kota Solo jadi pengunjung dapat dengan mudah menemukan tempat ini . diwarung ini tidak hanya menyediakan menu bestik daging tetapi juga bestik telur, bestik ayam, bestik jeroan, bestik uritan, dan lain-lain. Namun menu yang paling favorit disini adalah bestik daging. Rasa asin, gurih, manis dan sedikit asam bercampur dengan daging bestik yang sangat empuk di lidah para pengunjung. Santan dan kadar lemak yang hampir tak ada di bestik ini membuat hidangan ini sangat cocok bagi pecinta olahan segar dan kuah encer. Namun untuk penyuka pedas kemungkinan akan merasa kecewa karena tidak ada rasa pedas di dalam makanan ini.
  • Sumber bestik Pak Darmo, warung makan ini berlokasi di Jalan Dr. Rajiman tidak jauh dari Mall Matahari Singosaren, Solo. dulu warung bestik Pak Darmo ini hanya berupa tenda-tenda kaki lima dengan tempat duduk lesehan namun kini telah berganti dengan bangunan permanen dengan tempat duduk berupa bangku-bangku panjang. Warung ini menyajikan berbagai menu bestik seperti bestik daging Sapi, lidah Sapi, ayam,dan jeroan ayam. Memesan bestik di warung ini harus penuh dengan kesabaran karena warung ini hanya menggunakan dua tungku masak jadi proses penyajian masakan anda terrkesan lambat namun jangan kecewa karena pengunjung yang makan disini akan dihibur dengan musik keroncong khas Solo.

Wisata Solo menyediakan sewa mobil murah di Solo, yang akan membawa anda menjelajahi kekayaan kuliner khas Solo. Mari ke Solo bersama Rental WisataSolo 0818186285.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *