candi plaosan

Candi Plaosan Wisata Candi di Klaten

Candi Plaosan terletak di Desa Bugisan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten terletak di sebelah barat Kota Solo. Bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam berkendara mobil dari pusat kota Solo. Tidak seperti saudaranya Candi Prambanan yang ramai dikunjungi tamu, candi plaosanCandi Plaosan ini jauh lebih sepi. Walaupun secara jarak hanya sekitar 3 Km dan membutuhkan waktu sekitar 6 menit saja, bagi anda yang mencintai suasana yang tenang anda bisa menjadikan Candi Plaosan sebagai salah satu tujuan. Candi cantik  ini sendiri merupakan Candi yang memiliki perpaduan Budha dan Hindu, dibangun dimasa Mataram Hindu saat  Rakai Pikatan bertahta  dan berasal  Wangsa Syailendra  yang beragama Hindu untuk istrinya Pramodhawardani yang beragama Budha dari Wangsa Sanjaya. Candi ini memiliki ukiran yang halus dan detail terdiri dari dua bangunan utama yang sering di sebut dengan Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Candi ini juga sudah mengalami renovasi hingga bisa kita nikmati keindahannya saat ini.

Candi Plaoson ini merupakan salah satu spot untuk berburu sunset bagi para pecinta fotografi, warna langit yang berubah ubah diantara dua candi kembar ini menimbulkan pesona yang layak diabadikan bahkan ada yang menyebut disini merupakan salah satu spot terbaik di Solo, Klaten dan Jogja untuk pemburu Sunset. Hampir setiap sore bisa ditemukan para pemburu Sunset di Candi ini, dari yang hanya menggunakan Kamera Handphone hingga menggunakan kamera berat kelas DSLR beserta tripodnya.

Bila anda pemburu sunset dan sedang berada di Solo rental mobil WisataSolo.ID 0818155010 menyediakan transportasi menuju candi ini dengan harga terbaik dan driver yang hapal rute Joglo Semar. Atau bila anda sedang melintas dari Solo menuju Jogja anda juga bisa mampir sejenak menikmati keindahan Candi Plaosan, menikmati keindahan dan kemegahan peninggalan Mataram Hindu. Sebuah kerajaan besar di Jawa yang banyak membangun Candi Candi Indah di sekitar Jawa Tengah. Di sekitar Candi ini anda bisa menikmati Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Candi Sewu dan banyak candi candi di sekitar Prambanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *