stasiun solo jebres

Cerita Sejarah Stasiun Solo Jebres

Bertandang ke kota Solo tak lengkap rasanya jika belum menelisik sedikit sejarah kota yang terkenal dengan predikatnya sebagai kota pemelihara budaya Jawa ini. Selain kental dengan budaya Jawa, Solo juga menyimpan kisah sejarah Kolonial Hindia Belanda. Surakarta menjadi kota yang penting pada masa itu karena menjadi pewaris kerajaan Mataram yang ketika itu wilayah kedaulatannya amat luas. Sebagai salah sstu kota terpenting pada jaman kolonial, dibangunlah jalur kereta api untuk memberi kemudahan transportasi menuju atau dari kota-kota penting lainnya. Di Solo sendiri memiliki empat stasiun kereta api yang sampai saat ini masih aktif beroperasi. Salah satu stasiun kereta api yang menarik untuk ditelisik adalah Stasiun Solo Jebres.

Stasiun Jebres yang didirikan oleh Staatsspoorwegen pada tahun 1884, secara administratif terletak di daerah kekuasaan Kasunanan Surakarta.Terletak di Purwodiningratan, Jebres, Solo di bawah manajemen PT KAI Daerah Operasional (Daop) VI Yogyakarta. Dilihat dari bangunannya, Solo Jebres terlihat lebih luas dibandingkan Purwosari, hal ini dikarenakan Solo Jebres dahulu difungsikan sebagai stasiun besar oleh Kasunanan Surakarta. Saat ini stasiun Solo Jebres digunakan untuk keberangkatan KA kelas ekonomi tujuan Jakarta atau menjadi pemberhentian kereta dari arah Jawa timur sebelum masuk percabangan ke arah Semarang. Jalur percabangan ini digunakan untuk kereta kereta yang melalui jalur pantura via Semarang.

Jika diperhatikan, dibandingkan dengan stasiun Solo lainnya, memang Stasiun Solo Jebres masih kental dengan nuansa bangunan khas Indies yang dibangun oleh pemerintah Belanda. Meskipun stasiun Purwosari dan Balapan masih terdapat bangunan lama yang dipertahankan, kini sudah semakin tidak terlihat dari luar apalagi setelah adanya renovasi besar-besaran di kedua stasiun tersebut. Tak salah jika pilihan sebagai stasiun wisata dijatuhkan pada stasiun Solo Jebres, pengunjung akan terpukau oleh keindahan arsitektur bergaya indies yang khas. Semenjak penetapan sebagai cagar budaya ini berhembus wacana untuk mengalihkan pemberangkatan kereta uap wisata dari Solo Jebres. Nantinya agar menjadi satu paket dengan wisata bangunan dan kereta uap yang saat ini sudah berjalan.

WisataSolo.ID 0818186285 adalah penyedia jasa sewa mobil murah di Solo dan penyedia jasa sewa motor murah di Solo dengan harga terbaik dengan kondisi armada yang terawat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *