Solo Batik Carnival 2017

Dari Kemeriahan Solo Batik Carnival 2017

Gelaran rutin yang diadakan oleh Pemkot Solo sejak Juni tahun 2008 adalah Solo Batik Carnival atau Festival Batik Solo. Tahun ini gelaran Solo Batik Carnival (SBC) memasuki tahun kesepuluh. Untuk memperingati satu dasawarsa Yayasan Solo Batik Carnival mengusung tema khusus bertajuk Astamurti Kawijayan. Tema ini diambil dari bahasa Jawa Kawi yang berarti bentuk kejayaan budaya Jawa, astamurti berarti bentuk, sedangkan kawijayan berarti kejayaan. Tema yang diusung tahun ini mengambil beberapa subtema kostum pada tahun-tahun sebelumnya. Subtema yang akan dirangkum pada SBC 2017 diantaranya subtema wayang, topeng, sekar jagat, legenda, mustika jawa dwipa, serta jatayu.

Perhelatan yang digadang-gadang akan menjadi perhetalan megah ini menggandeng kolaborasi dengan Jember Fashion Carnival dan Caruban Carnival dari Cirebon. Menghadirkan pula musisi tradisional kenamaan yang dimiliki kota Solo, Peni Candra Rini. SBC edisi kesepuluh akan menampilkan talent sebanyak 200 orang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa. Keunikan pada SBC tahun ini ialah kostum peserta bakal menggambarkan salah satu adegan yang ada pada cerita pewayangan. Seperti contohnya cerita Anoman Obong, peserta dapat mengkreasikan kostumnya bertema anoman dengan ornamen yang mengandung api.

Satu bulan menjelang perhelatan utama digelar, sudah diadakan setidaknya dua kali pre-event. Pre-event yang pertama diadakan VIP Parking Hartono Mall Solo pada 17 Juni lalu. Dalam acara ini para talent yang menjadi peserta menampilkan kostum yang akan mereka bawakan sesuai subtema. Hanya saja pada preevent ini peserta tidak menampilkan kostum secara full, hanya diwakilkan dengan mahkota kepala saja. Tak hanya itu, pre-event yang diadakan di Hartono Mall menampilkan sesi art fashion yang dimeriahkan oleh talent peserta anak-anak dengan memakai kostum lengkap. Pre-event ini diadakan bertujuan sebagai gladi bersih sebelum perhetalan utama diadakan. Preevent yang kedua sekaligus penutupan diadakan di Side Entrance Solo Square pada 1 Juli silam.

Pendaftaran untuk peserta SBC 2017 sudah ditutup jauh-jauh hari, kini tinggal menunggu waktu perhelatan utama peringatan satu dasawarsa Solo Batik Carnival 2017. Rencananya iring-iringan kirab karnaval akan start di Stadion R. Maladi Sriwedari dan berakhir di Benteng Vastenburg pada tanggal 15 Juli 2017 mendatang. Solo Batik Carnival merupakan ajang berkreativutas dalam seni rupa maupun fashion, karnaval ini selalu menyedot minat dan perhatian wisatawan dari tahun ketahun. Menyaksikan perhelatan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan masa libur panjang yang tersisa. Mari ke Solo bersama rental motor dan rental mobil WisataSolo 0818186285 dan dapatkan harga terbaik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *