Festival-Jenang-Solo

Festival Jenang Kota Wisata Solo

Dalam bahasa Indonesia padanan kata Jenang adalah bubur. Jenang yang   dikenal di Solo merupakan makanan manis yang terbuat dari tepung beras atau tepung ketan dengan santan dan gula merah. Makanan jenang telah melekat pada masyarakat Jawa tidak terkecuali masyarakat Solo.  Jenang selalu melengkapi setiap ritual yang mereka adakan sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa. Nah, dalam rangka hari jadi kota Solo yang ke 271 Festival Jenang Solo turut memeriahkan acara hari jadi kota Solo ini. Festival ini  berlangsung  tanggal 14 Februari hingga 17 Februari 2016 dengan lokasi di koridor Ngarsopuro dan Pamedan Mangkunegaraan, kota Solo. Meski jenang sangat erat kaitannya dengan masyarakat Jawa tapi  jenang juga bisa diketemukan di seluruh daerah Indonesia dengan penamaan dan cita rasayang berbeda beda. Dalam acara ini setidaknya 15 daerah yang menampilkan jenang khas daerahnya masing-masing misalnya jenang Papua, Kepulauan Riau, Palembang, Riau, Pekalongan, Banyumas, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tahun ini festival jenang bertema Ragam Jenang Nusantara. Mahasiswa ataupun pelajar  yang sedang belajar di kota Solo dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia memperkenalkan jenang dari daerahnya masing-masing dan juga pertunjukkan budaya yang berasal dari berbagai daerah.

 Ada beragam acara yang dilakukan saat festival jenang berlangsung yaitu, pembagian jenang gratis untuk masyarakat Solo dan para pengunjung Festival Jenang. Setidaknya ada 20.000 jenang yang dibagikan oleh panitia Festival Jenang Solo.  Ada juga acara jalan sehat dengan mendatangi langsung tempat pembuatan jenang. Lalu memasak jenang ukuran besar, jenang dengan 7 rasa yang dimasak di kiri dan kanan panggung kemeriahan festival jenang Solo.  Mulai dari jenang Papeda yang terbuat dari sagu dari Paua, jenang Pedas asal Kalimantan Barat dan jenang Krasikan asal Sukoharjo.  Ada juga seminar dan WorkShop yang membahas jenang,  pameran foto jenang jumbo, lomba jenang tradisi dan kontemporer , produksi jenang lintas Agama yang disebut dengan Adha Agung, Bazar jenang yang menampilkan berbagai jenang sebagai oleh-oleh khas daerah masing-masing dan masih banyak lagi acara lainnya.  Festival jenang ini telah menjadi ruang bertemu masyarakat lintas budaya di Indonesia.   

Anda bisa menikmati semua jenang yang tersedia dan merasakan kekayaan kuliner Indonesia dan Solo pada khususnya. Silahkan kosongkan jadwal anda, untuk datang dan menikmati festival jenang tahun depan. Wisata Solo menyediakan sewa mobil murah yang akan membawa anda berpetualang menikmati aneka festival di Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *