pesona pasar tradisional

Festival Pesona Pasar Tradisional 2017 Kota Solo

Sebagai salah satu promosi untuk menghidupkan kembali nadi pasar tradisional di Solo, Pemkot Solo menggelar acara Festival Pesona Pasar Tradisional. Acara ini jatuh pada tanggal 19-20 Agustus 2017 yang lalu. Beberapa pasar tradisional di wilayah Solo turut ambil bagian dalam acara tersebut. Pada peringatan tahun ini, setidaknya ada empat pasar tradisional yang terpilih sebagai tempat jalannya festival. Keempat pasar tradisional penyelenggara Festival Pesona Pasar Tradisional tersebut masing-masing pasar Kembang, pasar Triwindu, pasar Burung Depok serta  pasar Klewer.

pesona pasar tradisionalMasing masing pasar menunjukan ciri khasnya seperti pasar kembang yang menjual kembang (bunga), pasar Burung Depok yang menjual berbagi macam hewan,  pasar Klewer yang menjual berbagi barang  kebutuhan dan pasar Triwindu yang menjual barang-barang antik. Seluruhnya tersaji dalam festival Pesona Pasar Tradisional yang dihelat dengan balutan berbagai atraksi kesenian.Di pasar Triwindu beberapa kegiatan digelar seperti seni merajut benang,  fashion show, sajian tari kontemporer, pentas  musik dengan barang-barang antik yang dijual di pasar Triwindu  dan penampilan  lainnyaSejumlah model yang memperagakan busana juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung festival, mereka dapat menyasikan para model tersebut berlenggak lenggok di atas catwalk dengan balutan busana khas. Meski tanpa panggung megah maupun sorot lampu,  para peserta dari red batik misalnya, tampak serasi dan sepadan saat memperagakan busana batik khas kota Solo.

Pihak penggagas kegiatan menyebut festival Pesona Pasar Tradisi 2017 merupakan ajang untuk merawat dan mengumandangkan kejayaan pasar tradisional. Salah satu tujuan festival ini menjadikan pasar tradisional menjadi lestari dan dirawat, karena pasar-pasar tersebut adalah ibu dari sebuah kota bukan hanya pusat jual beli saja namun juga budaya. Salah satu tujuan kegiatan ini diadakan juga untuk memacu para pedagang pasar tradisional untuk tetap bersemangat dan terus memiliki motivasi untuk menjadi pedagang yang kreatif, tidak kalah dengan perkembangan jaman fan teknologi.

Festival ini pun disambut gembira para pedagang pasar Triwindu khusunya  pasar yang menjajakan barang barang antik yang selama jni menjadi salah satu destinasi wisata di Solo. Menurut salah satu perwakilan pedagang, menyampaikan harapan rekan-rekannya agar pasar-pasar tradisional bisa kembali ramai dan banyak dikunjungi warga. Mari berkeliling Solo Bersama rental motor & mobil WisataSolo 0818186285 serta dapatkan harga terbaik. Solo Raya juga mempunyai obyek wisata yang menarik seperti Pura Pasek  Karanganyar atau anda juga bisa berburu kain pantai di Mojolaban sentral produksi kain pantai di Solo raya.

0 thoughts on “Festival Pesona Pasar Tradisional 2017 Kota Solo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *