Kuliner bersama Wisata Solo

Gule Goreng Hidangan Istimewa Kuliner Bersama Wisata Solo

Kuliner Bersama Wisata Solo – Berwisata ke Solo anda harus mencoba gule kambing Solo. Hidangan olahan kambing berkuah ini banyak di gemari masyarakat Solo. Gule kambing Solo ini berbahan dasar daging kambing tentunya, cabe merah, ketumbar, lada, jinten putih, kelabet, kapulaga hijau, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, pala, minyak sayur, bawang bombay, daun jeruk, daun salam, sereh, kayu manis, cengkeh dan santan kental. Cara memasaknya sama dengan gule kambing pada umumnya seperti di daerah lain tetapi biasanya gule kambing khas Solo lebih empuk dan gurih. Ini mungkin karena proses memasaknya yang lebih lama dari biasanya dan penggunaan santan murninya.

Kalau tadi dibahas tentang gule kambing yang biasanya berkuah, di kota Solo ada jenis gule kambing yang berbeda yaitu gule goreng kambing. Gule goreng kambing ini sebenarnya  olahan gule kambing seperti yang biasa kita temukan yaitu gule dengan kuah berwarna kuning, namun yang unik adalah gule ini proses penyajiannya adalah gule kambing tersebut digoreng kembali sampai kering kemudian disajikan bersama nasi ataupun makanan pelengkap lainnya. Dan isi dari gule goreng ini adalah berupa jeroan kambing. Ada satu warung makan yang terkenal dan hanya ada satu-satunya di kota Solo. Namanya Gule Goreng Pak Samin.

Gule goreng Pak Samin berlokasi di Jalan Diponegoro Perempatan Pasar Pon. Pak Samin juga sering menyebut nama makanan ini dengan “Gulgor” yaitu kependekan dari Gule Goreng. Resep gule goreng Pak Samin ini sama dengan gule berkuah lainnya, bahan-bahannya pun sama hanya saja saat jeroan kambing matang, lalu kuahnya ditiriskan dari tetelan jeroan baru kemudian jeroannya di goreng sampai kering.  Yang berbeda dari gule goreng kambing Pak Samin ini yang mungkin tidak ditemukan di tempat lain adalah proses pengolahan gule sebelum menjadi gule goreng.

Pertama sekali jeroan diiris kecil kemudian dimasak bersama dengan santan yang tidak kental sampai jeroan empuk lalu setelah matang dicampur kembali dengan santan kental lalu dimasak lagi sampai santan matang. Mungkin hal ini yang menjadi dasar mengapa gule kambingnya disini lebih gurih dikarenakan santannya. Proses penggorengan gule kambing disini juga terbilang lama diatas tungku arang dengan api yang besar, hal ini dimaksudkan agar menghasilkan gule goreng yang renyah dan kadar lemaknya menghilang. Gule goreng kambing Pak Samin biasanya disajikan dengan nasi dan kuah gule yang disajikan terpisah dari gule goreng.

Namun jika tidak menyukai kuahnya, gule goreng dengan nasi saja pun sudah sangat lezat disantap. Jeroan kambing di sini berasal dari kambing yang masih remaja yang dibeli langsung di pengjagalan. Warung ini buka sejak pagi pukul 06.30 sampai pukul 14.00. meski disini tidak hanya menjual Gule Goreng saja tetapi Gule Goreng Kambing adalah yang paling awal habis, jadi jika ingin menyicipi kuliner yang satu ini datangla lebih cepat sebelum anda kehabisan.

Wisata kuliner Solo tidak habis habisnya untuk di jelajahi, Gule Goreng hidangan istimewa yang hanya bisa anda temukan di Solo. Mari cicipi kuliner bersama Wisata Solo untuk sejenak menikmati kuliner khas, tradisi budaya yang terjaga, batik batik cantik dan murah serta alam sekitar Solo yang menawan. Wisata Solo meyediakan Sewa mobil di Solo dengan harga murah.

Mari kita kuliner bersama Wisata Solo ke beberapa makanan khas Solo, apakah kalian tau apa itu Brambang Asem Kuliner? Brambang merupakan makanan langka di Solo loh. Mari kita lihat saja ya langsung disini Makanan Langka dari Solo | Brambang Asem Kuliner.

Tag: #WisataSolo #SewamobilSolo #Kuliner #GuleGoreng #KhasSolo

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *