Gurihnya Bubur Gudeg Solo

Bubur adalah makanan yang biasanya disantap ketika sarapan. Bubur disajikan dengan kuah kari, suwiran ayam, kacang goreng, daun seledri dan tidak lupa ditambah dengan kerupuk. Namun apa jadinya bila bubur disajikan dengan gudeg? Seperti yang kita ketahui gudeg adalah kuliner dari bahan nangka yang diolah sedemikian dengan cita rasa khas. Di solo gudeg tidak hanya disajikan dengan nasi atau lontong. Tapi gudeg disini hadir dengan paduan bubur dan gudeg. Semangkung bubur gudeg dengang isian bubur nasi yang sangat lembut dipadukan dengan gudeg solo, krecek dan tidak lupa sayur tahunya. Rasa bubur ini bercampur dari rasa tawar yang ditawarkan bubur kemudian dengan gudeg yang manis dan gurih lalu ada rasa pedas dari krecek kemudian terakhir dibalut dengan rasa sayur tahu yang gurih. Nah bubur gudeg ini biasa disebut orang Solo dengan jenang gudeg, seperti diketahui bahwa orang Solo menamai bubur dengan jenang jadi jangan salah kaprah atau bingung  bila anda nantinya mendengar nama jenang gudeg karena sebenarnya itu sebutan untuk kuliner bubur gudeg.

Ada beberapa tempat makan bubur gudeg di Solo yang patut anda coba bila anda sedang ber Wisata  ke kota Solo. Salah satu yanng cukup melegenda adalah warung Mbok Kedul. Warung ini berada di jalan Slamet Riyadi, jaraknya sekitar 100 meter dari Stasiun Kereta Purwosari, Solo. Bubur gudeg disini berbeda dengan gudeg ditempat lain, bedanya terletak pada buburnya yang gurih, tidak terlalu kental juga tidak terlalu encer, rasa gudengnya juga tidak terlalu manis jadi sangat pas bila dipadupandankan dengan bubur nasinya. Awalnya si Mbok Kedul pemilik awal warung ini menjual bubur gudegnya dengan berkeliling dari kampung ke kampung, jualannya itu dibawa dengan cara digendong di punggung. Hingga suatu hari dibuatlah warung sederhana sehingga si Mbok Kedul tidak usah susah-susah berjualan keliling lagi. Mbok Kedul sendiri sudah lama tiada dan warung ini diteruskan oleh anak dan menantunya yang sekarang sudah generasi ketiga. Selain bubur gudeg disini  tersedia  juga  nasi gudeg, lontong opor, dan menu lainnya.  Bubur Gudeg disini telah menjadi kenangan bagi orang Solo yang telah merantau ke kota lain. Jadi ketika kembali ke kota Solo mereka biasanya mampir ke warung Mbok Kedul untuk bernostalgia bersama semangkuk Bubur Gudeg Mbok Kedul. 

Bagi anda yang ber Wisata ke Solo layak mencoba kuliner unik, Wisata Solo menyediakan Sewa mobil di Solo dengan harga yang terjangkau,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *