wedang ronde

Kehangatan Wedang Ronde Solo

Wedang Ronde merupakan salah satu sajian khas yang bisa anda temukan di Solo. Kuliner yang dapat menghangatkan badan ini disajikan didalam mangkuk dengan isian kacang tanah, kolang-kaling, ronde, roti dan lain-lain. Lalu setelah itu disiram dengan air jahe. Wedang ronde dapat meningkatkan stamina dan merupakan minuman yang sangat cocok diminum saat musim penghujan tapi bukan brarti kita tidak bisa menikmatinya di musim kemarau, tetap saja enak dan menyegarkan bila diminum pada malam hari. Ronde berbentuk bulatan-bulatan kecil. Terbuat dari bahan tepung ketan, tepung kanji, garam, kapur sirih, air hangat, teng-teng kacang, kacang tanah panggang. Biasanya  ronde diberi warna agar lebih menarik.  Sementara untuk air jahe atau kuah jahenya yang biasa berwarna kecoklatan ini terdiri dari bahan seperti air, jahe, serai, daun pandan, gula pasir murni.

Di kota Solo Sendiri terdapat banyak tempat untuk menikmati kuliner ini baik yang sudah berupa warung ataupun penjaja ronde keliling. Berikut beberapa tempat yang bisa dikunjungi bila anda ingin menikmati kuliner ini.

  • Warung Bu Nanik, warung ini berlokasi di Ujung Selatan Jalan Teuku Umar kawasan Keprabon. Warung ini cukup legendaris hal ini karena warung bu Nanik  sudah ada sejak tahun 70-an. Bu Nanik adalah generasi kedua penerus warung  yang menu paling favoritnya adalah wedang ronde.  Rasa pedas dari kuah jahe dan manis dari gula pasir murni yang digunakan adalah kunci mengapa wedang ronde disini dijadikan menu favorit. Selain wedang ronde ada juga menu wedang-wedang lainnya yang dapat anda temukan disini.
  • Wedang Ronde Srie Redjeki, warung ini tepat berada di belakang Keraton Kasunanan Solo di jalan Reksoniten, Solo. warung ini telah berdiri sejak tahun 80-an. Dulunya warung ini hanya berupa warung tenda kaki lima namun karena pelanggan terus bertambah maka dibuatlah bangunan permanen untuk warung wedang Ronde yang satu ini. Warung ini buka mulai jam 4 sore sampai 11 malam. Telah banyak artis dan pejabat yang datang untuk menikmati wedang ronde disini, selain itu pengunjung dari luar kota pun tak kalah banyaknya. Wedang ronde disini memang berbeda dari tempat lain, hal ini dikarenakan, ronde yang digunakan disini lebih banyak kacangnya dari pada ronde pada umumnya, selain itu ada racikan khusus dari koki di warung ini. Kalau di tempat lain kuah wedang ronde hanya menggunakan jahe, maka ditempat ini kuah ronde dicampur dengan berbagai rempah yang membuat aroma wedang ronde disini kuat dan semakin harum sehingga rasanya juga semakin nikmat. Selain wedang ronde disini juga menyediakan aneka wedang lainnya dan beberapa jajanan khas solo yang dapat anda pesan sesuai selera.
  • Sepanjang Jalan Slamet Riyadi sampai dengan Pasar Gede, anda juga dapat dengan mudah menemukan pedagang ronde keliling yang menjajakan kuliner hangat ini dengan gerobak dorongnya.

Menikmati semangkok ronde hangat sambil menikmati kehangatan kota Solo dimalam hari adalah paduan yang pas dan yang pasti tidak akan menguras kantong anda. Rental WisataSolo 0818186285, menyediakan sewa mobil Solo dan sewa motor Solo  untuk anda, serta paket tour keliling Solo dengan harga terbaik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *