Keraton Kasunanan Solo

Jika  berkunjung ke Kota Solo anda tidak boleh melewatkan  untuk berkunjung ke tempat bersejarah yang satu ini yaitu Keraton Kasunanan Solo.  Keraton Kasunanan Solo atau disebut juga dengan Keraton Surakarta ini merupakan simbol dari kota Solo. Keraton ini dibangun secara bertahap sejak di  dirikan pertama di tahun 1744 oleh Sunan Pakubuwono II. Keraton Kasunanan Solo memiliki banyak kemiripan dengan Keraton Yogyakarta yaitu  dari pola dasar tata ruang, hal ini dikarenakan arsitektur dari kedua Keraton ini adalah sama yaitu Sultan Hamengkubowono I.

Berkunjung ke Keraton Kasunanan Solo seolah kita terbawa pada masa Kejayaan Kerajaan Mataram yang telah di bagi menjadi dua pada Perjanjian Giyanti, Surakarta dan Yogyakarta. Di keraton ini kita bisa melihat benda-benda peninggalan kerajaan yang terletak dalam museum, seperti fragmen candi-candi di Jawa Tengah misalnya. Pada ruang pertama pengunjung dapat melihat benda-benda yang dahulu digunakan sebagai alat memasak oleh abdi dalem ( pembantu raja).  Lalu ada juga ruangan yang digunakan untuk memamerkan benda-benda kuno seperti tombak, pedang, meriam dan juga pistol yang dahulu digunakan untuk senjata kerajaan. Berbagai alat kesenian juga dapat kita lihat di museum ini. Untuk memasuki museum yang berada di area keraton para wisatawan  di wajibkan  mengikuti aturan yang berlaku yaitu menggunakan sepatu dan celana panjang, tidak boleh menggunakan topi, kacamata hitam, dan jaket . Bila anda menggunakan sandal, maka sandal tersebut harus di lepas sehingga anda tidak menggunakan alas kaki sama sekali. Dan bila anda menggunakan celana pendek, akan dipinjamkan sebuah kain yang dililitkan dari pinggang hingga kaki.

Selain menikmati museum di dalam keraton, kita juga bisa mengenal bagian-bagian keraton seperti Panggung Sanggabuwana, Sasana Handrawina, Sasana Sewaka, Ndalem Ageng Prabuyasa, dan lain-lain. Anda akan menemukan hamparan pasir di area keraton yang di ambil langsung dari pantai Selatan.  Keraton Kasunanan Solo ini terletak tepat di pusat kota yang berdekatan dengan Balaikota, Pasar Klewer dan Pasar Gede. Beragam transportasi bisa digunakan untuk menjangkau lokasi ini. Bila anda ingin yang cepat maka pilihannya adalah taksi dan sewa mobil, namun bila anda menginginkan sentuhan tradisional dan ingin lebih menikmati perjalanan anda maka anda dapat memilih angkutan seperti andong dan becak . Keraton Kasunanan Solo dibuka setiap hari, kecuali hari Jumat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *