phonto (3)

Kereta Api Uap Jaladara

Jika sedang berjalan-jalan di Kota Solo, jangan heran bila tidak sengaja anda melihat Kereta Api uap sedang beroperasi ditengah keramaian kota Solo. mungkin bagi masyarakat kota Solo ini adalah hal yang sangat biasa namun bagi kita yang baru pertama kali datang ke Solo ini merupakan peristiwa unik. Kereta Api Uap Jaladara adalah namanya, dan lebih populer lagi di kalangan orang Solo dengan nama Sepur Khlutuk. Sepur untuk Kereta dan Kluthuk untuk Kuno. Kereta api Jaladara merupakan terobosan baru untuk alat transportasi wisata di Kota Solo sehingga ketika anda berwisata ke Solo anda mempunyai banyak pilihan angkutan yang membuat anda semakin betah saja ketika mendatangi kota ini.

Sepur Kluthuk mulai beroperasi sejak tahun 2009, merupakan kereta buatan Jerman pada tahun 1986 dan di kirim ke Indonesia pada tahun itu juga oleh pemerintah Hindia Belanda sebagai alat transportasi jarak dekat.  Dalam satu rangkaian kereta api uap Jaladara terdiri atas rangkaian lokomotif Seri C 1218 dan dua gerbong penumpang dengan Seri TR 144 dan TR 16.  Kereta ini beroperasi dengan bahan bakar berupa kayu jati dan untuk sekali jalan membutuhkan sekitar 3 kubik kayu .Biaya yang dikeluarkan memang sangat besar namun sebanding dengan kepuasan para wisatawan untuk mendapatkan pengalaman tersendiri menaiki kereta model lama yang begitu klasik ini.

 

Kereta Api Jaladara bisa ditemukan di Stasiun Purwosari, salah satu stasiun yang cukup strategis di kota Solo. Kereta ini bisa kita nikmati secara perorangan maupun kelompok, bahkan penumpang umum yang kebetulan ingin menggunakan kereta ini sebagai angkutan bisa saja menikmatinya. Namun bila kereta sedang di sewa maka penumpang umum tidak diperbolehkan naik. Kereta ini hanya beroperasi pada Sabtu dan Minggu saja. Bercerita tentang harga tiket, anda akan dikenai biaya tiket yang cukup mahal baik perorangan, kelompok maupun disewa secara eksklusif   hal ini dikarenakan  Kereta Api Jaladara membutuhkan kayu yang cukup banyak sebagai bahan bakarnya.

Waktu yang bisa anda habiskan di dalam kereta Api ini adalah 3 jam, hal ini sungguh menyenangkan karena anda bisa menikmati kota Solo dengan segala hiruk pikuknya dari dalam Kereta. Kereta Api Jaladara singgah ke beberapa lokasi wisata seperti Kampung Laweyan, Pasar Pon, Keraton, Ngapeman, Loji Gandrung dan lain-lain. Di dalam kereta api ini kita tidak hanya disungguhkan kenyamanan berkeliling kota namun anda juga disuguhkan jajanan pasar khas kota Solo, pertunjukan musik gamelan, berbagai souvenir dan juga jamu tradisional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *