Khasnya Bakso Solo

Siapapun pasti mengenal bakso. Makanan yang disajikan berkuah dengan bola-bola daging ini telah menjadi kuliner yang sangat khas ditiap daerah. Namun pernahkah anda melihat warung Bakso di kota-kota lain yang menggunakan embel-embel kata Solo? Ya, bakso Solo memang berbeda dengan bakso dari kota lainnya.  Bakso solo biasanya hanya disajikan dengan dengan bulatan bakso yang berukuran kecil dengan pelengkap bihun atau bakmi yang ditambah dengan pangsit goreng dan terkadang diberi suwiran daging sapi. Yang membedakan bakso Solo dengan bakso lainnya adalah olahan daging sapinya yang lembut saat digigit serta kuah kaldunya yang tidak terlalu banyak bumbu sehingga sangat menghangatkan bila di santap saat musim dingin.

Komposisi dari bakso Solo adalah hampir sama dengan bakso pada umumnya, seperti garam, daging sapi, tepung kanji, telur, dan poly powder. Sedangkan untuk kuahnya diperlukan gula pasir, garam, bawang putih, bawang merah, penyedap rasa, dan merica bubuk.

Ada beberapa warung makan bakso yang terkenal di Solo, ini bisa dijadikan referensi tempat makan bakso bagi anda yang ingin menikmati kuliner bakso Solo.

  • Bakso Solo Pawiredjo, warung bakso ini sudah dijalanakn selama tiga generasi dan memiliki beberapa cabang di BTC, Jalan Suryo Pranoto, dan Pasar Klewer. Warung bakso ini buka dari siang hari hingga malam hari. Warung ini termasuk yang paling banyak pengunjung karena sensasi bola daging sapi yang lembut dan kuahnya yang sangat menggugah selera.
  • Bakso Patung Kuda, warung bakso ini letaknya dekat dengan patung kuda di kawasan Manahan. Warungnya terbilang kecil tapi disediakan juga tempat lesehan bagi yang suka lesehan. Disini bakso uratnya sangat dahsyat dan bakso halusnya juga lembut sekali.-
  • Bakso Pak Ruk, warung bakso ini merupakan warung favorit di Solo, tapi jangan datang setelah makan siang karena biasanya bakso urat dan tetelannya yang rasanya maknyus sudah habis terjual. Tapi tenang bila anda datang kesorean pun anda dapat menikmati bakso halus dengan pelengkap mie bihun.
  • Bakso alex, warung bakso yang satu ini memiliki banyak cabang di Solo jadi anda bisa punya banyak pilihan tempat makan bakso alex, tampilan bakso disini terkesan kota, tampilannya bersih dan kuahnya sedap sekali rasanya. Tersedia sawi hijau dan pangsit sebagai pelengkapnya.
  • Bakso Titoti di sekitaran Pasar Kembang juga bisa menjadi pilihan, rasa kuahnya yang gurih, bola daging bakso halus terasa lembut ketika digigit dan bakso uratnya terasa banget di setiap kunyahan

Selain tempat di atas masih banyak bakso kelas kaki lima di Solo yang rasanya lezat dan membuat kangen, bagi anda yang mengunjungi Solo rasanya wajib untuk mencicipi  bakso Solo di kota asalnya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *