leker

Kue Leker Kuliner Unik Wisata Solo

Membahas tentang jajanan Solo dari masa lalu hingga yang kekinian  memang tak ada habisnya. Jajanan Solo meski berbentuk sederhana dan tradisional namun tidak lekang oleh waktu dan masih banyak peminatnya. Salah satunya adalah leker. Untuk orang yang bukan berasal dari Solo pasti asing dengan jajanan yang satu ini tapi bagi masyarakat Solo jajanan yang satu ini adalah jajanan yang wajib anda cicipi dan sangat direkomendasikan. Dahulu kala banyak Orang Belanda yang tinggal di Solo dan menyukai jajanan yang satu ini.  Leker awalnya berasal dari bahasa Belanda yaitu Lekker, yang artinya enak. Dan mereka setiap memakan jajanan itu pasti diakhiri dengan kata Lekker. Nah dari situlah tercipta nama makanan ini. Leker adalah kue lipat yang didalamnya ada isian berupa pisang dan gula cokelat.

Bahan-bahan untuk pembuatan leker adalah tepung terigu, gula pasir, telur, gula jawa dan vanilli. Setelah itu semua bahan dicampur menjadi satu adonan, setelah itu adonan di diamkan selama 20 menit kemudian tuang satu sendok adonan ke dalam wajan dan buat adonan melebar seperti dadar tipis. Setelah itu adonan yang sudah tipis ditaburi dengan isian pisang dan gula cokelat. Dulunya leker dimasak dengan arang namun seiring berjalannya waktu para penjual leker beralih dari arang berubah menggunakan gas. Hal ini tentu merubah cita rasa dan aroma leker tapi walaupun begitu tidak mengurangi peminat leker di Solo. Selain bahan bakar yang berubah, variasi isian leker pun juga berubah, dari yang hanya isian pisang dan gula cokelat kini semakin banyak saja ide kreatif masyarakat Solo untuk menambah jenis isian leker. Variasi tersebut antara lain, cokelat keju, cokelat keju susu, kacang, strawbery, vanila dan masih banyak lagi variasi rasa dan isian dari leker yang dapat dipilih sesuai selera.

Salah satu leker yang terkenal di Solo adalah Leker Notosuman. Toko ini tepat berada di depan serabi Notosuman milik Ny. Lidia. Lokasi tepatnya adalah di Jalan Mohammad Yamin, kota Solo. Leker Notosuman memang lebih istimewa dari pada leker di tempat lain. Leker disini lebih renyah dan isiannnya lebih banyak. Dari segi ukuran juga leker Notosuman lebih besar. Sementara untuk varian isi pisang, pisang yang digunakan adalah pisang raja pilihan. Anda juga bisa dengan mudah menemukan pedagang leker keliling di Solo.

Mari ke Solo bersama WisataSolo dan menikmati segala kekayaan kuliner, tradisi, batik dan wisata di Solo. Wisatasolo menyediakan sewa mobil  di Solo, yang akan menemani anda menjelajahi Solo Raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *