Kuliner dengan wisata Solo

Brambang Asem Kuliner Langka Wisata Solo

Kuliner dengan Wisata Solo – Brambang Asem, mendengar namanya mugkin bagi anda yang berada di luar Solo akan terasa aneh. Brambang Asem adalah salah satu sajian kuliner dengan bahan utama daun ubi jalar yang diambil bagian pucuknya , biasanya orang Solo menyebutnya dengan jeglor, lalu ditambah dengan tempe gembus. Kemudian dilengkapi dengan sambal brambang asem.

Brambang berasal dari bahasa Jawa yang artinya bawang merah. Brambang dicampur dengan terasi, asem jawa, cabai lalu kemudian gula jawa. Rasa sambal brambang asem cenderung manis pedas. Manis yang berasal dari gula jawa dan pedas yang dihasilkan dari cabe rawit.  Daun ubi jalar yang memiliki tekstur licin ini sangat rapuh bila dikunyah, lalu ditambah dengan sambal brambang asem menjadikan kuliner yang satu ini patut dicoba jika sedang berada di kota Solo. Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk memasak sambal brambang asem adalah cabe rawit, asem jawa, terasi, gula merah, garam, penyedap rasa, bawang merah. Brambang asem biasanya menjadi cemilan diantara waktu sarapan sampai menjelang makan siang.

Bagi anda yang baru pertama kali mengunjungi kota Solo, jangan bingung memilih tempat untuk mencicipi kuliner yang satu ini. Karena disini akan disajikan beberapa tempat yang bisa direkomendasikan untuk mencicipi manis dan pedasnya Brambang Asem.

  • Brambang Asem  di Pasar Gede, anda akan mudah menemukannya, hampir setiap penjual jajanan pasar menjual makanan ini, yang paling legendaris adalah Yu Ngatmini, lokasinya berada di dalam Pasar Gede, warung sederhana milik Yu Ngatmini buka dari pagi hingga sore hari. Beliau telah berjualan brambang asem selama 17 tahun. Brambang asem disini terkenal dengan jeglornya yang selalu segar meski Yu Ngatmini membuka lapaknya sejak pagi.  Namun anda akan sedikit kecewa bila ingin menyantap brambang asem di warung ini karena beliau tidak menyediakan tempat khusus untuk menyantap kuliner yang satu ini. Jadi pengunjung lebih suka membawanya pulang.
  • Warned, warung ini berlokasi di Jalan Samratulangi, Manahan, kota Solo. Warned adalah singkatan dari Warung Nedha. Meskipun di warung in banyak disediakan menu lainnya namun brambang asem merupakan salah satu menu favorit disini. Brambang asem disini memiliki cita rasa yang berbeda, pemilik warung mengatakan dia memang memiliki resep khusus untuk brambang asem yang ditawarkan disini. Selain itu warna dari jeglor sebagai bahan utama dari brambang asem disini lebih hijau sehingga kelihatan lebih menarik.

Brambang asem adalah kuliner unik dan langka dari Wisata Solo, anda pasti tidak akan menemukan kuliner ini selain di Solo, Kota Solo merupakan surga dan tempat petualangan untuk merasakan kuliner kuliner khas yang memiliki sejarah panjang dan masih terpelihara hingga kini.

Mari kuliner dengan wisata Solo! Wisata Solo menyediakan sewa mobil murah di Solo yang akan memandu anda untuk menjelajahi kekayaan kuliner, budaya , batik dan tradisi di kota Solo.

Selain kuliner dengan wisata Solo, kalian juga bisa jalan-jalan dengan wisata Solo loh! Kunjungi THR Sriwedari bersama wisata Solo ya!

Tag: #WisataSolo #Sewamobil #kuliner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *