wEIOdt1467236246

Lenjongan Kuliner Tradisi Wisata Solo

Kuliner Wisata Solo – Mengingat jajanan pasar  akan membawa  anda ke masa kecil dimana kita begitu akrab dengan jajanan ini dan begitu mudah menemukannnya di setiap pasar tradisional dengan berbagai warna dan bentuk yang unik. ketika berada di kota Solo kita juga bisa menikmati beberapa  jajanan pasar yang di nikmati jadi satu,  tapi dengan nama yang berbeda. Di Solo biasa menyebutnya Lenjongan. Lenjongan bisa dengan mudah kita temukan di Pasar Gede, Solo.

Lenjongan disajikan dalam wadah daun pisang yang dibentuk dan  disatukan dengan tusuk lidi, biasanya disebut pincuk. Aneka jajanan itu di campur jadi satu dalam pincuk lalu ditaburi parutan kelapa yang diberi garam sebelumnya agar rasanya gurih. Kemudian disiram dengan kuah gula jawa yang dicairkan terlebih dahulu. Rasa dari aneka jajanan di dalam sepincuk lenjongan adalah dominan manis dan gurih. Bahan-bahan jajanan lenjongan sebagian besar terbuat dari singkong.

Adapun isian jajanan pasar itu terdiri dari  klepon, jajanan tradisional yang satu ini terbuat dari tepung beras,ketan, dan gula merah. Yang bila digigit akan meleleh didalam mulut dan kita akan merasakan sensasi manis berpadu dengan gurih. Selain klepon ada juga sawut yaitu jajanan yang terbuat dari singkong yang diserut kemudian dikukus sampai matang . Setelah itu ada yang namanya grontol, jajanan ini berbahan dasar  jagung  yang dipipili kemudian direbus.

Kemudian ada Getuk, makanan tradisional ini terbuat dari singkong yang di tumbuk sampai lembut kemudian ditambah gula, susu, air, dan vanili sehingga rasanya menjadi manis, kenyal, dan gurih. Setelah halus kemudian diberi pewarna makanan agar terlihat lebih menarik, kemudian dipotong kotak menjadi beberapa bagian.  Gatot, terbuat dari singkong mentah yang dikeringkan dengan cara dijemur atau disebut gaplek. Kemudian setelah itu gaplek direndam selama semalaman lalu dicuci dan dipotong-potong kecil, setelah itu dikukus sampai matang. Selain gatot ada juga makanan dari singkong gaplek yaitu tiwul, gaplek yang sudah dikeringkan kemudian ditumbuk halus menjadi tepung lalu di aduk di atas panci hingga terbentuk butiran-butiran kecil.

Cenil, makanan dengan dominan warna-warni ini terbuat dari tepung kanji yang dikukus bersama dengan air, kalau sudah matang rasanya kenyal dan bila ditambah parutan kelapa akan sangat gurih. Lalu yang terakhir ada jongkong, makanan satu ini dimasak dengan dibungkus daun pisang. Terbuat dari tepung beras dicampur santan kelapa dan gula lalu dikukus. Semua isian lenjongan ini kita boleh memilih jenis jajanan apa yang kita inginkan, ingin ditambah gula cair atau tidak pun kita boleh memilihnya sesuai selera.

Ingin Menjelajahi Kuliner wisata solo lainnya? silahkan simak kumpulan wisata kuliner solo

Apakah anda pecinta batik? Jika anda pecinta batik, mari kita melihat – lihat batik bersama wisatasolo di BTC dan juga PGS yang merupakan surga batik di Solo. Wisata Solo menjamin batik yang di jual disana merupakan batik – batik dengan kualitas bagus!

Wisata Solo menyediakan sewa mobil murah di Solo yang akan mengantar anda ke perjalanan mengenang masa lalu, menjelajahi lezatnya kuliner wisata solo, khasnya tradisi, indahnya batik Solo, arsitektur kota tua Solo bahkan indahnya alam di sekitar Solo.

#Tag: WisataSolo #SewamobilSolo #Kuliner #Lenjongan

0 thoughts on “Lenjongan Kuliner Tradisi Wisata Solo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *