1461080173881

Lezatnya Garang Asem Kuliner Wisata Solo

Garang asem adalah salah satu kuliner yang terkenal di Solo. Meski kota Solo bukan satu-satunya yang mempopulerkan kuliner ini tetapi di Solo Garang Asem telah melekat di hati para peminatnya. Garang asem adalah jenis kuliner berkuah  santan yang terdiri dari ayam kampung dan belimbing sayur. Rasa yang dimiliki garang asem adalah dominan asam yang berasal dari belimbing sayur  dan pedas yang berasal dari cabe yang digunakan sehingga menciptakan rasa kuah garang asem yang segar. Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk memasak garang asem antara lain, daging ayam kampung, belimbing sayur, tomat, cabe rawit, cabe merah, daun salam, serai,  santan kelapa, dan daun pisang. Kemudian ada juga bumbu yang dihaluskan untuk bumbu dari kuah garang asem.  Pertama siapkan terlebih dahulu daun pisang kemudian semua bumbu halus ditaruh di daun pisang  lalu masukkan santan, ayam, belimbing sayur dan semua bahan pelengkap setelah itu dibungkus dan dikuatkan dengan lidi, bungkusan garang asem dilapisi dengan plastik agar tidak bocor. Kemudian dikukus selama satu jam atau sampai matang.  Biasanya garang asem disajikan utuh di dalam daun pisang dengan alas piring yang membuat rasanya semakin nikmat karena menggunakan daun pisang kemudian disediakan nasi hangat dan lauk pelengkap seperti tempe dan perkedel.

Salah satu warung garam asem yang terkenal di Solo berada di jalan Adi Sumarmo. Warung ini sudah puluhan tahun berdiri, namanya warung Mbah Semar. Garang asem Mbah Semar memang lebih istimewa dari garang asem lainnya hal ini karena garang asem disini kuahnya dicampur dengan telur yang membuat garang asem lebih gurih dan kuahnya lebih kental. Campuran telur ini tidak akan ditemui di penjual lain jadi membuat garang asem disini lebih banyak penggemarnya. Pemilik warung garang asem ini mengatakan mereka memiliki resep khusus dan rahasia yang membuat cita rasa dari garang asem juga tidak dapat disamakan dengan garang asem ditempat lain. Warung Mbah Semar buka mulai jam sepuluh pagi sampai jam sepuluh malam atau sampai dagangan habis.

Garang Asem juga dapat dengan mudah diketemukan didalam Pasar Gede, anda bisa membelinya ketika masih dalam kondisi hangat. Wisata Solo menyediakan sewa mobil murah di Solo yang akan membawa anda berpetualang menjelajahi kekayaan kuliner Solo, budaya, tradisi, batik dan wisata alam di Solo Raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *