lontong opor

Lontong Opor Solo Eksistensi Menu Peranakan

Surakarta sebagai bagian pusat kebudayaan Jawa memiliki sejarah kuliner yang begitu menarik untuk dijelajahi. Ketika Eropa khususnya Belanda cukup berpengaruh terhadap urusan internal keraton Surakarta,  menu-menu Eropa dipandang layak untuk hidangkan di meja makan keraton dalam bentuk modifikasi makanan Eropa-Jawa, sebagai bagian prestige,  kemakmuran bahkan sebagai langkah politis untuk mengambil hati orang-orang Belanda dalam mendukung berbagai kepentingan kalangan keraton.

Pelan-pelan menu modifikasi (fusion)  Eropa-Jawa ini ditiru di dapur para Saudagar di luar keraton yang sering terlibat hubungan dagang dengan para ningrat di dalam keraton sebagai wujud pencapaian kemakmuran mereka. Namun rupanya di luar keraton,  dikalangan saudagaran khususnya etnis Cina terjadi modifikasi menu baru antara menu Cina Peranakan dengan menu Jawa,  hal ini sepertinya pengaruh dari perkawinan pria saudagar etnis Cina dengan para wanita Jawa Solo, atau para tukang masak Jawa di dapur saudagar Cina.

Lontong Opor Sambel Goreng Rumah Makan Mekarsari,  Jl.  Dr.  Radjiman,  Solo merupakan salah satu eksistensi menu Cina Peranakan yang berpadu dengan cita rasa manis-gurih -pedas a la Solo. Dengan tambahan taburan bubuk kedelai yang jarang dipakai dalam menu asli Jawa dipertemukan dengan sambal goreng krecek khas Jawa yang berkuah santan kental, serta gurih-manisnya kuah opor ayam dilengkapi dengan lontong. Sangat tepat jika menu ini disebut sebagai kemewahan citarasa yang terlahir di dapur masyarakat Solo dari perpaduan Cina  – Jawa di antara lahirnya menu-menu Eropa – Jawa di dalam lingkungan keraton Surakarta.

Terletak di dekat perempatan Singosaren,  beberapa meter sebelah barat Matahari Plaza Singosaren atau bersebelahan dengan Batik Danar Hadi Pusat (lihat melalui Google Maps), Tempat ini layak Anda kunjungi,  walau tempatnya agak kecil tapi percayalah emosi Anda akan terbawa dalam sebuah pengalaman kuliner Solo melebihi yang Anda kira saat ini. Anda tak perlu repot mencari lokasi ini,  cukup booking mobil di wisatasolo. id, Anda bisa dijemput di mana saja (Bandara Adi Sumarmo,  Stasiun Purwosari,  Stasiun Balapan,  Terminal Tirtonadi dll)  tenaga driver pengalaman akan mengantarkan Anda ke tempat ini.

Jadi selagi masa Imlek belum berakhir, menikmati Lontong Opor Sambel Goreng, Rumah Makan Mekarsari yang merupakan turunan Lontong Cap Gomeh adalah petualangan indah dan penuh keberuntungan di awal Tahun Anjing Tanah ini.

Foto menu : Lontong Opor Sambel Goreng-Rumah Makan Mekar Sari,  Solo, Jawa Tengah.

Foto Loper : Batik Lokcan, Pesisiran Pantai Utara.

Penulis : Fb Badai Sang Badai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *