Car Free Day di Kota Wisata Solo

Menikmati Car Free Day di Kota Wisata Solo

Car Free Day adalah sebuah kegiatan kampanye untuk mengurangi tingkat pencemaran udara di kota – kota besar di seluruh dunia yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. Car free day pertama kali  di Indonesia dilaksanakan di Jakarta pada tahun 2001 di Jl. Imam Bonjol yang saat itu dilakukan penutupan jalan setelah dilakukan audiensi dengan pihak kepolisian. Dimana pada saat itu KPBB dan para aktifis lingkungan hidup juga masyarakat ikut mengkampanyekan penghapusan penggunaan bensin bertimbel.  Maka tercetuslah ide untuk melakukan Car Free Day yang pada awalnya hanya kampanye untuk mengingatkan para pemilik kendaraan bermotor pribadi agar lebih bijak dalam pemakaian kendaraan pribadi mereka. Car free day biasa dilakukan pada hari minggu dan hingga kini banyak kota – kota besar di Indonesia  juga menyelenggarakan Car Free day, tidak terkecuali kota Solo. Kota yang penuh dengan warisan sejarah  dan budaya yang hingga kini masih bisa kita nikmati keberadaaanya.

Solo Car Free Day berlaku setiap hari minggu mulai pukul 05.00 WIB – 09.00 WIB, pertama kali di selenggarakan pada 30 Mei 2010. Semua kalangan sangat mendukung acara ini, terbukti bukan hanya para remaja saja yang hadir tiap minggunya tapi juga para orang tua dan anak-anak juga tak mau ketinggalan. Solo Car Free Day terletak di jalan Slamet Riyadi. Atas pemberlakuan tersebut Jalan Slamet Riyadi dari Purwosari hingga Bundaran Gladak tertutup untuk semua kendaraan bermotor. Aktifitas yang biasa dilakukan di Solo Car Free Day ini adalah aktifitas olahraga seperti berjalan kaki, lari, bersepeda. Ada juga aktifitas edukasi yang biasa diselenggarakan disini. Aktifitas seni juga turut memeriahkan hari bebas kendaraan di kota ini.

Yang unik dari Car Free Day di Solo, anda bisa menemukan pertunjukan live music dari tradisional sampai dengan modern di sepanjang area Solo Car Free Day, tidak ketinggalan juga para penjual jajanan tradisional yang akan memanjakan kita dengan kuliner khas Solo yang nikmat. Bahkan berbagai macam senam juga ada, Aerobic, Taichi dan anda bisa langsung ikut bergabung dalam barisan senam tanpa dipungut biaya sepeserpun. Setelah puas berjalan jalan dan ikut senam, anda bisa mampir ke gerai pijat yang tidak ketinggalan membuka pelayanan di area Solo Car Free day ini. Tidak ketinggalan juga komunitas yang ada di Solo ikut berkumpul juga meramaikan acara Solo Car Free day ini, Komunitas pecinta Kucing, Komunitas pecinta Anjing, Komunitas pecinta Reptil, Komunitas sepeda tua dan berbagai macam komunitas lainnya tumplek blek meramaikan Solo Car Free day ini.

Bagi anda yang menghabiskan libur akhir pekan di Solo, tidak ada salahnya untuk menikmati Car Free day di Kota Wisata Solo dan rasakan perbedaannya dengan Car Free day yang ada di kota lain. Wisata Solo menyediakan sewa mobil dengan harga terjangkau untuk menikmati keunikan Kota Solo.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *