Menikmati Soto Solo

Selain kota batik, Solo layak dijuluki sebagai Kota Soto, berbagai macam ragam Soto mudah diketemukan. Soto Solo identik dengan kuahnya yang bening, berbeda dengan beberapa kuliner Soto lainnya yang menggunakan kuah kental yang berasal dari santan kelapa. Setidaknya ada dua macam soto yang ada di kota Solo ini, yaitu Soto kuali yang menggunakan daging sapi dan soto bening  yang menggunakan daging ayam kampung dan kalau pembeli ingin bisa juga dicampur dengan daging sapi. Beberapa komposisi yang digunakan untuk membuat Soto Solo adalah daging ayam atau daging sapi, kol, air, mie soun, serai, telur rebus, lengkuas, daun bawang, seledri, daun jeruk, tauge, tomat, daun salam, bawang goreng, merica, kemiri,dan kunyit. Penyajian soto solo biasanya dengan nasi dan mie soun yang sudah di rendam dengan air panas terlebih dahulu, kemudian ditambahkan dengan irisan tomat, ayam, kol, irisan telur, tauge, dan bawang goreng. Kemudian disiram dengan kuah soto, bisa juga ditambah dengan kecap dan sambal korek untuk menambah pedas.

Yang khas dari Rumah makan soto di Solo adalah anda akan di manjakan dengan pilihan lauk pelengkap makan soto, yang disajikan rapi diatas meja anda. Dari mulai tempe, tahu, sate usus, sate telor puyuh, empal daging, babat bahkan aneka jajan pasar  khas Solo yang tidak ada ketemukan di kota lain

Berikut tempat makan soto, yang bisa dicicipi ketika anda berada di Solo.

  • Soto Kirana,  berlokasi di jalan Muh Yamin , Kawatan Solo. Buka mulai pukul 06.00-14.00 wib, selain menu soto yang lezat dan sedap disini juga disajikan menu lain seperti asem-asem kikil, nasi pecel .
  • Soto Gading, soto Gading berada di jalan Brigjend Sudiarjo, Gading. Buka mulai pukul 07.30. Soto ini merupakan salah satu soto legendaris dengan  rasa yang khas. Dan warung soto ini sering menjadi tujuan wisata kuliner bagi para wisatawan lokal maupun domestik  yang mengunjungi kota Solo.
  • Soto Triwindu, soto yang satu ini juga termasuk warung Soto legendaris meskipun sudah berpindah lokasi, dulu warung soto ini terletak di tengah pasar Triwindu namun kemudian bergeser ke Jl. Teuku Umar, Keprabon, Banjar Sari, tepatnya di belakang Pasar Triwindu. Warung soto Triwindu ini buka mulai pukul 08.00-15.00 wib.
  • Soto Gerabah Solo, yang membedakan soto Gerabah dengan soto di tempat lain adalah Soto disini disajikan dengan mangkuk gerabah sebagai tempat penyajiannya serta sendoknya juga terbuat dari gerabah. Suasana warung Soto Gerabah juga di desain dengan nuansa tempo dulu. Warung soto Gerabah terletak di Jl. Dr. Seopomo, pasar Beling.
  • Soto seger Mbok Giyem, terletak di jalan Bhayangkara. Di tempat ini disajikan 2 pilhan menu yaitu soto ayam dan soto daging. Sesuai dengan namanya soto ini rasanya memang sangat segar dan menggugah selera bagi para penikmatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *