Mi Toprak Kuliner Khas Wisata Solo

Satu dari beragam kuliner Solo yang sangat direkomendasikan untuk dicicipi adalah Mi Toprak. Makanan khas Solo ini disajikan dengan isian berupa bihun , mi kuning, tauge, kol, tempe, bakwan, sosis Solo dan lain-lain lalu diatasnya ditaburi kacang tanah. Setelah itu disiram dengan kuah bening yang segarĀ  dengan campuran daging sengkel. Komposisi bahan untuk pembuatan Mi Toprak ini adalah isian dari mi toprak yang telah disebutkan diatas. Kemudian untuk bumbu kuah beningnya adalah untuk bumbu halus terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar bubuk dan kemiri sangrai. Bumbu kuah terdiri dari daging sapi sengkel, air, daun jeruk, daun salam, kaldu sapi, garam, merica bubuk, gula pasir, lalu yang terakhir minyak untuk menumis bumbu.

Ada satu warung mi Toprak yang sangat terkenal di Solo, yaitu Mi Toprak Yu Nani. Mi Toprak Yu Nani berlokasi Di jalan Pandudewanata, Kartopuron, Jayengan, Serengan, kota Solo. Warung ini telah berdiri sejak tahun 60-an dan masih eksis saja hingga saat ini. Awalnya pendiri warung ini Almarhun Nani mendirikan warung dengan segala jenis makanan disini namun seiring berjalannya waktu pengunjung lebih banyak memesan Mi Toprak daripada menu lainnya disini. Jadilah Yu Nani berinisiatif untuk hanya menyajikan satu menu makanan yaitu Mi Toprak, namun untuk soal minuman warung ini menyajikan beragam menu minuman. Sekarang warung ini telah diteruskan oleh cucu Yu Nani yang bernama Yuyun. Yang membuat Mi Toprak disini sangat direkomendasikan selain warungnya yang telah melegenda juga rasa Mi Toprak dan sajiannya yang tidak berubah dari dulu hingga kini. Di dalam sepiring Mi Toprak Yuyun terdiri dari 12 bahan isian mulai dari kubis, tauge, kacang, tahu, tempe, cakwe, sosis solo, mi kuning, bihun, rambak, bawang goreng, dan daging sapi sengkel. Untuk daging sapi disini tidak digoreng tetapi di rebus dalam waktu yang lama agar empuk dan merebusnya menggunakan arang. Di warung ini anda akan diberi tahu cara khusus untuk menikmati sepiring Mi Toprak yaitu dengan tambahan perasan jeruk nipis lalu ditambah dengan irisan lobak dan kecap yang disiapkan dalam wadah terpisah jadi bila anda tidak suka bisa anda boleh saja tidak menggunakannya. Nah, bila anda ingin datang kesini disarankan jangan datang pada jam makan siang karena anda harus mengantri untuk mendapatkan meja makan.

Wisata Solo menyediakan sewa mobil murah di Solo yang akan menemani anda menjelajahi kekayaan kuliner Solo, Budaya Solo, Batik Solo, Tradisi Solo dan Wisata alam Solo raya. Mari ke Solo bersama Wisata Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *