minuman khas Solo

Dongo Wedang Hangat Khas Wisata Solo

Minuman khas Solo – Satu lagi minuman khas Solo yang dapat menghangatkan tubuh yang juga patut untuk anda coba ketika berkunjung ke Solo, namanya Wedang Dongo. Meskipun namanya Wedang Dongo, bukan berarti artinya Dongo seperti bahasa tidak baku untuk menyatakan seseorang bodoh  tetapi ini hanya untuk penamaannya saja. Dahulu kala wedang dongo merupakan minuman yang dikhususkan untuk keluarga kerajaan. Namun kini wedang ini telah menjadi minuman para masyarakat Solo dan wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Wedang Dongo hampir mirip dengan wedang ronde, baik isian maupun kuahnya juga mirip. Namun pada wedang ronde anda akan menemukan isian ronde yang ukurannya lebih besar tapi jumlahnya banyak, sedangkan pada wedang dongo rondenya lebih kecil. Lalu yang membedakan wedang dongo dan wedang ronde adalah pada wedang ronde terdapat isian berupa roti tawar sedangkan pada wedang dongo anda tidak akan menemukannya.

Wedang dongo tersebar di setiap sudut kota Solo, namun ada satu warung wedang dongo yang patut menjadi rekomendasi untuk anda. Namanya wedang Dongo Keprabon. Warung yang berada di kawasan Keprabon ini tepatnya berada di Jalan Teuku Umar, kota Solo. Anda akan menemukan bentuk warung ini berbeda dengan warung disekitarnya, jika warung lainnya bertenda satu maka warung ini bertenda dua dengan warna merah putih yang mencolok pada tendanya dan bertuliskan nama warung ini. Jadi bila anda kesusahan menemukan tempat ini bisa juga tenda warung ini yang menjadi patokannya. Warung yang telah buka sejak 20 tahun lalu ini sudah dipegang oleh generasi kedua bernama Bu Naniek Yulianti. Ketika pertama kali datang anda akan disambut dengan senyuman si empunya warung yang ramah dan bersahabat seakan ini menjadi nilai tambah untuk warung ini. Wedang dongo disini terkenal dengan rondenya yang sangat lebut dan perpaduan isian kolang kaling, kacang sangrai, dan isian lainnya membuat minuman ini semakin nikmat dan lezat saja apalagi jika anda meminumnya pada malam hari. Apalagi anda datang kesini bersama teman kantor, pasangan maupun keluarga, sambil menikmati wedang dongo dibarengi dengan obrolan panjang yang akan membuat anda sampai lupa waktu.

Selain Dongo wedang yang hangat, ada juga makan khas Solo yaitu Galabo yang termasuk surga kuliner malam di Solo loh.

Mari menjelajahi kekayaan wisata kuliner Solo dan menikmati segala ke khasannya bersama Wisata Solo. Wisata Solo menyediakan sewa mobil murah di Solo yang siap mengantar anda berpetualang di Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *