mojolaban pusat kain pantai

Mojolaban Pusat Produksi Kain Pantai Solo Raya

Sudah menjadi kebiasaan kebanyakan orang menyisipkan agenda wisatanya untuk berbelanja dalam setiap kunjunganya ke suatu daerah, maka tidak heran jika pusat oleh-oleh khas suatu daerah diburu dan dikunjungi untuk  sebuah cinderamata khas daerah tersebut. Salah satu tempat yang dapat dikunjungi untuk cinderamata yang murah yang juga merupakan tempat industri usaha rumahan terdapat di Desa Gadingan, Ngemplak, Mojolaban yang merupakan pusat produksi kain pantai, dengan berbagai macam produk seperti kain daster, kain blouse, mukena dan berbagai macam kain lainnya. Produk dari kain pantai tersebut dikirim ke berbagai pasar di wilayah Surakarta dan kota lain seperti Bali, Yogyakarta sampai ke luar negeri. Salah satu tempat usaha kain pantai yang cukup populer disana adakah Batik Rika Collection, tempat usaha ini biasanya menjemur 2.000 meter kain per hari. Namun pada musim penghujan bisa berkurang dari jumlah tersebut.

Secara umum proses pembuatan Kain Pantai hampir sama halnya dengan proses pembuatan batik cap atau printing yaitu melalui 4 tahapan yaitu, pembuatan sketsa/ gambar dasar, pemberian malam (lilin) pada kain,  pemberian warna pada motif dan dasar kain,  serta pelepasan lilin dari kain. Kain yang di gunakan untuk membuat sarung pantai adalah kain rayon putih  jenis janger dengan lebar antara 115 sampai 120 cm dan panjang 170 sampai 200 cm dimana ukuran kain akan menentukan harga. Kain rayon putih yang telah di potong sesuai dengan ukuran pesanan atau permintaan lalu diberikan sketsa sesuai model dan desain dengan menggunakan pensil.

Setelah sketsa selesai dilakukan maka kain diberi malam dengan cara mencanting untuk memberikan perintang agar motif warna tetap terjaga. Pada saat ini penerapan teknologi dilakukan guna meningkatkan jumlah produksi, dalam prosesnya produk menggunakan sistem sablon malam. Kain yang telah selesai di canting atau diberi malam lalu diberi warna dengan cara, kain dibentangkan di atas gawangan yang telah di rancang khusus agar kain terbentang dengan kencang pinggiran kain harus di tarik dengan menggunakan karet gelang. Setelah itu  pewarnaan baru dapat di mulai dengan mencolet atau kuas, pewarnaan dapat diawali dengan mencolet warna motif atau warna dasar. Setelah pewarnaan selesai dilakukan maka kain harus dijemur langsung dibawah terik matahari dalam keadaan masih dibentangkan pada gawang tujuannya agar warna tidak luntur dan warna kain  batik  lebih cerah Setelah kering maka kain pantai harus melewati beberapa tahapan lagi yang harus dilakukan sehingga kain benar-benar siap untuk dipasarkan. Kain pantai sangat cocok untuk aktivitas di pantai karena sangat mudah dipakai dan dilepaskan serta sangat nyaman karena tipisnya bahan dan warna yang cerah. Untuk mengunjungi tempat ini anda bisa menggunakan armada rental mobil wisatasolo 0818186285 ataupun rental motor WisataSolo 0818186285 dan dapatkan harga terbaik kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *