Museum Radya Pustaka

Berwisata ke museum tentu tidak ada salahnya, nah salah satu museum yang bisa jadi pilihan wisata ketika anda ke Solo adalah Museum Radya Pustaka.  Selain berwisata juga dapat menambah ilmu tentang sejarah sambil mengenang kebesaran negara dimasa lalu . Museum Radya Pustaka merupakan museum tertua di Indonesia, di dalamnya terdapat berbagai koleksi benda-benda kuno yang memiliki nilai sejarah tinggi. Museum ini didirikan pada masa pemerintahan Pakubuwono IX oleh Patih Raden Adipati Sosrodiningrat IV pada tahun 1890. Pertama kali pendirian museum ini berada di rumah seorang bangsa Belanda bernama  Johannes Busselar lalu kemudian pada tahun 1913 di pindahkan ke gedung yang sampai saat ini berada.

Ketika memasuki Museum Radya Pustaka kita akan diajak untuk melihat sejumlah koleksi museum yang telah dikenal bagi kalangan sejarawan. Seperti buku kuno karangan Pakubuwono IV berjudul Wulang Reh yang isinya tentang petunjuk pemerintahan. Ada juga buku berjudul Serat Rama karya Pujangga Yasadipura I yang merupakan Pujangga Keraton Solo, buku ini bercerita tentang Wiracarita Ramayana. Selain buku ada juga patung  Kyai Rajamala, yaitu patung berupa kepala raksasa yang terbuat dari kayu hasil karya Pakubuwono IV. Patung ini merupakan hiasan depan sebuah perahu yang digunakan untuk menjemput permaisurinya yang berasal dari Madura. Sebenarnya patung ini ada 2 hanya saja patung yang 1 lagi di simpan di Keraton Surakarta. Hingga saat ini patung tersebut masih dianggap keramat dan masih sering di beri sesajian. Koleksi lain dari museum ini adalah arca batu dan perunggu zaman Hindu Budha, koleksi keris dan senjata tradisional, gamelan, wayang kulit, keramik, dan lain-lain. Pada tahun 2007 terkuak sejumlah pencurian  dan pemalsuan koleksi   museum yang di dalangi oleh Kepala Museum itu sendiri yaitu KRH Darmodipuro atau Mbah Hadi (almarhum). Terkuaknya pencurian dan pemalsuan ini oleh seorang mahasiswa UGM yang pernah bekerja sebagai Honorer di Dinas Pariwisata , Seni dan Budaya Pemerintah Solo.

Museum Radya Pustaka terletak di Jl. Brigjen Slamet Riyadi, letaknya yang strategis mudah dijangkau angkutan umum atau untuk lebih  memudahkan bisa menggunakan sewa mobil yang tarifnya wajar dan siap mengantar anda berkeliling kota Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *