1460687629275

Museum Sangiran Rekomendasi Wisata Solo

Selain wisata kuliner, tradisi dan batik Solo Raya juga memiliki museum purbakala yang menyimpan kerangka manusia purba, Museum ini adalah Museum Sangiran. Tempat ini merupakan pilihan liburan yang memberikan edukasi menyenangkan kepada anak-anak maupun orang dewasa tentang peradaban manusia purba beserta hewan hewan yang pernah menghuni lembah bengawan Solo di masa lampau. Museum ini di bangun tahun 1980 dengan luas area 1000 m2. Pada tahun 1930-1975 banyak ditemukan fosil manusia purba di Sangiran, sehingga wisatawan banyak yang berkunjung ke Sangiran dan setelah itu tercetuslah ide untuk membangun museum purbakala Sangiran. Museum ini merupakan yang terlengkap di Jawa dan secara bangunan maupun sarana penunjang sangatlah bagus . Banyak peneliti melakukan penelitian seperti Antropologi, Arkeologi, Geologi, Paleoantrhopologi.

Fosil pertama yang ditemukan di museum ini adalah fosil Phitecantropus Erextus, dan ditemukannya jejak kaki yang berumur 2 juta tahun lamanya yang masih bisa di temukan di museum ini. Ketika pertama memasuki museum Sangiran kita akan di perlihatkan oleh diorama manusia mulai dari kegiatan bertani, mencari makan, dan bercengkrama dengan keluarga. Fosil di museum ini sebagian hanya replika karena yang asli berada di museum Geologi Bandung dan Yogyakarta untuk kegiatan penelitian. Karena sebagian hanya replika jadi pengunjung boleh menyentuh replika tersebut. Design ruangan di museum Sangiran ini berbentuk joglo, yang terdiri dari beberapa ruangan yaitu : aula, laboratorium, perpustakaan, ruang audio visual yang merupakan tempat pemutaran film manusia prasejarah, gudang penyimpanan, mushola, toilet, dan area parkir. Fosil-fosil manusia purba disini tertata rapi dengan jumlah koleksi lebih dari tiga belas ribu koleksi. Antara lain ada fosil Gajah, Kerbau, Badak, Harimau, Babi, Badak, Sapi, Banteng, Rusa dan Domba. Ada juga hewan laut seperti Buaya, Ikan, Kepiting, Gigi Ikan Hiu, Kudanil, Moluska, ada juga fosil batuan, artefak batu diantaranya serpih dan bilah, serut dan drugi, kapak persegi , bola batu, kapak perimbas-penetak. Museum ini juga di tetapkan oleh UNESCO sebagai World Heritage.  Museum Sangiran berada di Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.  Untuk menuju ke museum ini kurang lebih  1 jam lebih bila kita dari Solo.

Museum Sangiran ini sangat layak anda kunjugi ketika sedang berada di Solo, Wisata Solo menyediakan sewa mobil murah di Solo yang akan membawa anda menjelajahi eks karesidenan Solo. Menikmati khasnya kuliner, budaya, tradisi, batik dan kekayaan alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *