Nikmatnya Sego Liwet

Jika anda berkunjung ke Kota Solo, jangan lewatkan mencicipi makanan khas Solo yang satu ini yaitu Sego Liwet yang berarti  Nasi Liwet. Nasi liwet adalah sejenis masakan berupa nasi yang sebelum di masak dalam kukusan, terlebih dahulu beras dimasak setengah matang dengan santan. Mungkin kedengarannya mirip dengan nasi uduk tapi percayalah dari segi penyajian saja sudah sangat berbeda. Nasi liwet  biasa disajikan dengan ayam areh, sayur labu siam dan telur pindang. Komposisinya adalah sebagai berikut, untuk pembuatan nasi liwet dibutuhkan beras, santan kelapa, daun salam, serai yang dimemarkan, dan garam. Sedangkan untuk ayam areh bahan yang dibutuhkan adalah ayam kampung, ketumbar halus, gula merah, air kelapa, garam dan daun salam, santan kelapa. Lalu untuk bumbu sayur labu siamnya adalah labu siam, daun jeruk purut, lengkuas, daun salam, santan, garam dan gula. Bahan untuk telur pindang adalah telur, daun salam, lengkuas, kulit bawang merah, air, dan garam. Nasi liwet biasanya disajikan berupa nasi liwet di siram dengan lauk berupa sayur labu siam, sambal goreng hati,  kemudian ditambah dengan ayam areh dan bila suka bisa ditambah lagi dengan telur pindang, garang asem, dan gorengan.

Ada sejumlah tempat yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk menikmati nasi liwet khas Solo. Nah di bawah ini adalah beberapa tempat yang  direkomendasikan :

  • Pertama, nasi liwet Wongso Lemu. Nasi liwet yang satu ini dianggap yang paling lama dan paling terkenal di Solo. Warung nasi liwet ini terletak di jalan Teuku Umar daerah Keprabon timur Keraton Mangkunegaraan, tepatnya di depan gedung Balai Muhamammadiyah Solo. Disana banyak berjejeran warung nasi liwet, hal ini agak membingungkan bagi kita yang ingin memilih mana warung nasi liwet yang asli. Namun tenang saja, karena semua warung nasi Wongso Lemu disini sama-sama enak. Salah satu ciri warung Wongso Lemu ini adalah para pelanggan akan ditemani para sinden yang menyanyikan tembang-tembang Jawa. Warung ini buka dari sore hari hingga malam hari.
  • Kedua, nasi liwet Bu Sarmi. Letaknya di daerah Lojiwetan jalan Kapten Mulyadi, tepatnya di timur bekas banteng atau timur kantor Telkom. Setiap malam warung itu ramai di datangi para penikmat nasi liwet.
  • Ketiga, warung nasi liwet Mbok Mami, warung ini baru buka ketika pukul 10 malam sampai dagangan habis, terkadang bisa sampai jam 2 atau 3 dini hari. Nasi Liwet Mbok Mami ini terletak di daerah timur Bangjo dekat lampu merah Jongke, kota Solo.

Selain tempat di atas banyak dijumpai penjual Nasi liwet kaki lima, dipagi hari sepanjang RE Martadinata, Urip Sumoharjo dan Sekitaran Stasiun Kereta Api Balapan. Apabila dimalam hari anda masih ingin menikmati nasi liwet , anda bisa pergi di sekitaran Solo Baru  yang berjajar pedagang nasi liwet, sambil menikmati udara malam Solo dan menyantap nikmatnya nasi liwet dengan harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *