Oleh - oleh Solo

Cemilan Oleh Oleh Khas Wisata Solo

Oleh – oleh Solo – Ketika berjalan-jalan ke kota Solo banyak hal yang bisa kita lakukan. Berwisata ke tempat-tempat yang tidak bisa anda datangi hanya dalam 1 atau 2 hari karena banyaknya  tempat wisata dan toko batik yang bisa dikunjungi. Selain wisata alam, budaya dan Batik, Solo juga menjadi surga wisata kuliner. Apa saja ada disini, dari yang khas Solo sampai yang dari daerah luar kota Solo dan sangat eksis disini. Setelah lelah berwisata dan kenyang menyantap berbagai kuliner, 1 hal lagi pastinya yang selalu ada dibenak anda, yaitu oleh-oleh. Nah soal oleh-oleh anda jangan bingung karena oleh-oleh khas Solo sangat banyak jenisnya. Dan dibawah ini akan dibahas beberapa variasi oleh-oleh khas Solo yang lumayan terkenal.

  • Intip goreng, intip adalah Oleh-oleh khas Solo yang cukup dikenal. Intip terbuat dari kerak nasi saat proses menanak nasi  secara tradisional. Namun karena perubahan cara memasak nasi dengan alat yang lebih modern, sekarang pembuatan intip tak lagi melalui proses menanak nasi tetapi dengan proses yang hampir sama yaitu memasakny di priuk tetapi dengan bentuk bulat yang sempurna dan tidak mudah pecah serta ada tambahan bumbu seperti bawang putih dan terasi yang membuat rasa intip semakin gurih. Ada 2 varian intip yaitu intip polos dan intip manis. Pada intip manis biasanya diberikan gula jawa cair ditengah intip berbentuk lingkaran.
  • Roti Kecik, roti ini diberi nama kecil mungkin karena ukurannya yang  memang kecil. Berbentuk seperti jari anak kecil dengan rasa yang enak dan dapat bertahan lama meski tanpa bahan pengawet. Roti ini sering digunakan orang sebagai roti untuk diet karena sangat minim kolesterol.
  • Ampyang, makanan yang satu ini rasanya manis dan legit. Bahan dasar utamanya adalah kacang tanah yang dicampur gula merah yang dilelehkan kemudian dicetak. Ampyang dapat di jumpai di daerah Pasar Gede dengan harga murah meriah.
  • Abon Mesran, Abon Varia, Abon KL makanan ini yang paling terkenal sebagai Oleh-oleh Solo. Abon ini terbuat dari olahan daging sapi dan daging ayam. Abon ini dijual secara kemasan jadi sangat tepat sebagai pilihan untuk Oleh – oleh Solo, dengan variasi rasa manis dan pedas.
  • Pia Balong Sumber Rezeki, Oleh-oleh Solo yang satu ini telah melegenda karena makanan ini sudah menjadi favorit wong Solo. Bakpia yang berkualitas baik dapat ditemukan di jalan Balong Sumber Rezeki, kota Solo dengan nama toko Pia Balong Sumber Rezeki.
  • Srabi Solo Notosuman, salah satu legenda kuliner wisata Solo, sangat layak dijadikan Oleh – oleh Solo.  Gurih dan lezat dijamin sampai dengan gigitan terakhir.
  • Toko kue orion Mandarijn, disini kue Mandarijn/lapis Surabaya juara rasanya, ada spesial, kismis untuk pilihan rasanya. Toko Kue yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo ini, mulai berjualan kue sejak 1932 . Selalu ramai dipenuhi pengunjung baik wisatawan atau warga lokal Solo.
  • Pasar Gede Solo, juga merupakan surga Oleh – oleh makanan ringan di Solo, anda tinggal menuju kesana dan temukan aneka makanan ringan dan kering tradisional khas Solo yang bisa dijadikan Oleh oleh.
  • Daerah Kalilarangan, ada Mesran dan Erajaya yang merupakan toko oleh oleh yang cukup terkenal di Solo, anda bisa menemukan berbagai makanan ringan khas Solo secara lengkap disini.

Selain Oleh – oleh dari Solo yang enak ini, Solo masih mempunyai tadisi yang sangat unik loh, yaitu Sekaten. Penasaran kan bagaimana uniknya tradisi Solo tersebut? Langsung saja baca disini ya guys Sekaten kekayaan tradisi Solo.

Wisata Solo menyediakan Sewa mobil murah di Solo yang akan membawa anda berpetualang mengunjungi berbagai tujuan wisata di Solo, wisata batik Solo, wisata kuliner Solo, wisata alam Solo, wisata budaya Solo dan wisata tradisi Solo. Mari ke Solo bersama Wisata Solo.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *