phonto (14)

Pasar Klewer Surga Wisata Batik Solo

Kita mengenal Kota Solo dengan batiknya yang khas dan berkualitas tinggi, jika Anda sedang kebetulan berkunjung ke Kota Solo tidak ada salahnya menjadikan batik sebagai oleh-oleh wajib dari perjalanan Anda. Tapi sebelum menjadikan batik sebagai oleh-oleh, anda tentu bingung tempat mana yang akan di tuju untuk membelinya. Pasar Klewer merupakan pilihan yangtepat, sebab pasar ini  merupakan pusat batik terbaik di kota  Solo bahkan di Indonesia.  Sayangnya Pasar Klewer sedang mengalami renovasi besar sejak terjadi kebakaran hebat Desember 2014, saat ini Pasar Klewer menyisakan sisi timur saja dan masih buka seperti biasa, sedang pedagang yang mengalami kebakaran di pindahkan sementara di area alun alun utara.

Pasar Klewer dibangun permanen sejak tahun 1970 hingga sekarang. Pasar ini dulunya bernama Pasar Slompret  berasal dari kata terompet kereta api ketika berangkat mengingat disitu dulu adalah tempat pemberhentian kereta api, di pasar ini banyak pedagang memanggul Kain yang berjuntaian sampai ke lantai atau dalam bahasa Jawa di sebut berkleweran. Nah sejak saat itu kata Slompret menjadi kalah populer dengan klewer yang merupakan kata dasar dari berkleweran dan hingga saat ini pasar ini memakai nama  Pasar Klewer.

Ketika anda sampai di pasar ini jangan heran bila melihat jejeran kios batik dengan tumpukan dari masing-masing produk  mereka yang sampai meluap hingga ke depan kios, ini memang cara mereka untuk menarik minat pembeli. Aneka warna, model, dan corak yang ditawarkan masing-masing kios dapat mempermudah anda untuk melakukan perbandingan ketika akan membelinya. Persaingan di pasar ini sangat ketat terbukti dengan banyaknya diskon yang ditawarkan para pedagang di pasar ini.

Pasar yang letaknya bersebelahan dengan Keraton Surakarta ini  menyediakan hampir semua jenis batik, dari yang harga murah, sedang, mahal ataupun super mahal. Batik dengan harga paling mahal ini tentu sebanding dengan kualitas batik itu sendiri. Jadi jangan khawatir bila anda berkantong tipis maupun tebal bila datang ke  pasar ini .  Seperti pasar-pasar lainnya anda juga bisa melakukan penawaran kepada para pedagang di pasar ini, tapi ingat jangan menawar sampai setengah harga karena sudah pasti mereka tidak akan memberikannya sebab harga batik di sini sudah termasuk yang paling murah.

Meskipun pusat batik, pasar klewer tidak melulu menjual batik. Kita juga bisa menemukan kuliner khas kota Solo di sini seperti Srabi Solo, Nasi  timlo, tengkleng, es gempol, dan beragam kuliner khas Solo lainnya.

Wisata Solo menyediakan Sewa Mobil di Solo dengan harga terjangkau dan siap memandu anda untuk mengelilingi Pasar Klewer untuk menemukan Batik idaman anda atau sekedar menjelajahi pasar untuk mendapatkan suasana baru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *