Pasar Triwindhu Surga Penikmat Barang Antik

Jika anda merupakan penyuka dan penikmat barang antik maka Pasar Barang Antik Triwindhu  adalah jawabannya. Pasar yang terletak di kota Solo ini menawarkan beragam jenis barang antik di sini. Pasar ini banyak menyediakan barang antik dari keraton Solo. Barang-barang tersebut antara lain Keris Kuno, patung, lampu antik, dan masih banyak lagi souvenir antik yang dijajakan di sini. Banyak rumor mengenai barang antik dari keraton Solo, namun pihak Keraton menyebutkan kemungkinan barang-barang tersebut merupakan barang yang di hadiahkan kepada para abdi dalem lalu kemudian barang-barang tersebut dijual.  Ketika anda sampai pada lorong-lorong pasar ini maka mata anda akan dimanjakan dengan banyaknya barang-barang antik dari kios-kios pedagang di sini. Ada juga koleksi kain batik, uang, koin kuno gramofon tua dari Eropa,setrika dengan bahan bakar arang, aneka macam patung warna-warni dari kayu,  wayang-wayang yang terlukis di papan tua, dan ada juga sepeda yang di produksi tahun 1930-an, bahkan ada juga fosil-fosil mahluk purba  yang berasal dari Sangiran di sini.

Bagi pencinta otomotif anda juga akan terpuaskan karena bisa mendapatkan ataupun hanya melihat-lihat saja berbagai onderdil langka yang sudah tidak di produksi lagii di pabriknya.  Namun berhati-hatilah karena ada oknum-oknum yang kadang memalsukan barang-barang antik ini untuk kepentingan pribadinya, bisa saja barang yang ditawarkan katanya berasal dari ratusan tahun lalu padahal aslinya barang tersebut bisa saja baru di buat seminggu lalu.

Keramahan khas Solo dari para pedagang disini akan membuat anda betah berlama-lama disini. Tawar menawar di sini adalah hal yang wajar, makanya walaupun anda berkantong tebal jangan sungkan untuk sekedar menawar barang dengan harga murah disini. Keunikan lainnya yang bisa anda lihat di Pasar Triwindu ini adalah masih berlakunya sistem barter, jadi anda bisa menukar koleksi barang antik anda dengan barang yang ada di pasar ini asal ada kesepakatan  harga antara pedagang dan anda. Para pedagang biasanya mendapatkan barang kuno tersebut dengan cara hunting ke kota maupun pedesaan. Keberadaan Pasar Barang Antik Triwindu ini sangat strategis yaitu berada di tengah kota, masuk daerah Keprabon tepatnya di Jalan Diponegoro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *