Pesona Telaga Sarangan

Satu lagi objek wisata yang berada di kaki lereng Gunung Lawu, yaitu Telaga Sarangan. Telaga ini merupakan objek wisata alam yang berlokasi di Kabupaten Magetan, sisi timur dari Gunung Lawu dari Solo di butuhkan waktu tempuh 1.5 sampai 2 Jam, melewati jalan mulus yang berkelok kelok yang dikanan kiri dipenuhi tanaman sayur mayur yang kemudian dilanjutkan oleh hutan cemara dengan pemandangannya yang indah dan udara sejuk khas pegunungan. Telaga Sarangan ini sering juga disebut Telaga Pasir,  Telaga ini memiliki kedalaman sekitar 28 meter dengan luas 30 hektar. Ada sebuah cerita yang melatar belakangi terbentuknya telaga ini yaitu konon sebelum menjadi telaga tempat ini adalah daratan yang subur. Lalu ada sepasang suami istri yang usianya sudah tua, mereka hidup dan bercocok tanam disini. Suatu hari sang suami hendak menebang kayu di hutan dan menemukan sebuah telur di dekat pohon yang akan ditebang. Setelah itu sang suami mengambil telur itu dan memberikan telur kepada istrinya untuk dimakan. Setelah makan suami kembali lagi kehutan untuk menebang pohon namun tiba-tiba saja sang suami merasakan panas lalu jatuh berguling ke tanah dan berubah menjadi naga, kemudian sang istri menyusul ke hutan dan dia juga ikut berubah menjadi naga. Diceritakan gesekan tubuh dua naga tersebut membentuk cekungan yang memancarkan sumber air alami yang kini dikenal sebagai telaga Serangan.

Memasuki kawasan ini mata kita akan disuguhi pemandangan bukit yang ditumbuhi dengan pepohonan tinggi dan hijau dengan latar belakang Gunung Lawu. Tempat ini sangat disarankan untuk anda yang ingin menyepi dari keramaian dan penatnya hiruk pikuk perkotaan. Udaranya disini juga bersih dan sejuk serta suasana alamnya tenang sehingga membuat kita menjadi lebih rileks. Dikawasan telaga banyak dijumpai pohon pinus sehingga bagi kita yang suka berpetualang dapat mencoba menjelajah hutan pinus ini.

Selain itu disediakan juga fasilitas untuk mengelilingi telaga seperti perahu air, speed boat, dan becak air. Agar lebih seru ada dua cara untuk menikmati keindahan telaga Sarangan ini yaitu pertama dengan menjelajah telaga menggunakan perahu air berkecepatan tinggi yang menjadi fasilitas di sini, lalu yang kedua anda bisa memilih kuda sebagai kendaraan untuk berkeliling di sekitaran telaga ini. Tarif untuk berkuda ataupun speedboat satu putaran Rp 60.000, apabila anda mengambil paket Rp 150.000, akan mendapatkan tiga putaran. Sungguh hal ini membuat telaga Sarangan tak pernah kehilangan peminatnya. Apalagi ketika musim libur tiba, ketika memasuki kawasan telaga anda akan menemui banyak pedagang souvenir, pedagang sayuran dan buah-buahan segar yang ditumbuh di daerah pegunungan Lawu. Selain menikmati telaga dengan mengelilinginya, anda juga bisa memanjakan lidah dan perut anda di warung-warung makan yang tersedia di sana. Banyak terdapat warung dengan konsep lesehan di sekitar Telaga Serangan ini. Menu favorit di tempat ini adalah sate kelinci, di area telaga juga banyak dijumpai tempat penginapan seperti hotel berbintang, pondok wisata bahkan camping ground untuk berkemah. Jadi anda tidak perlu khawatir jika ingin menginap disana. Wisatasolo menyediakan sewa mobil yang akan membawa anda menikmati keindahan telaga Sarangan ini, hubungi kami di +62818186285 dan dapatkan harga terbaik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *