punthuk setumbu

Punthuk Setumbu Tempat Wajib Para Pemburu Sunrise

Punthuk Setumbu secara administratif berada di Kabupaten Magelang, tepatnya berada di Karangrejo Borobudur Magelang. Secara jarak bisa ditempuh berkisar 2 jam dari Kota Solo dengan melalui jalur Solo Boyolali Selo Mungkid Borobudur. Punthuk Setumbu ini sebenarnya sudah lama menjadi spot menyaksikan matahari terbit atau sunrise jauh sebelum film Ada Apa Dengan Cinta 2 di release. Sejak film ini mengambil lokasi shooting di Punthuk Setumbu membuat tempat ini semakin ngetop sebagai salah satu kawasan wajib bagi pemburu sunrise di Jawa tengah. Tiket masuk ke Puthuk Setumbu sendiri cukup murah untuk wisatawan domestik hanya Rp 15.000 sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp 30.000.

Perjalanan menuju puncak Punthuk Setumbu kurang lebih 30 menit dari tempat pembelian tiket, melalui anak tangga berkisar 400 meter dengan kontur yang menanjak, cukup membuat ngos ngosan. Untuk menyaksikan matahari terbit disarankan jam 04:30 sudah memulai perjalanan ke arah atas. Sehingga jam 05:00 sudah sampai puncak dan bersiap siap menyaksikan matahari terbit dari arah pegunungan menoreh. Apabila langit cerah kita bisa melihat Gunung Merapi, Pegunungan Menoreh yang indah, Candi Borobudur yang tampak megah di sisi kanan  dan gereja ayam atau rumah doa rema di sisi kiri dengan latar belakang langit jingga yang sangat indah. Hal hal yang perlu diperhatikan ketika mengunjungi Punthuk Setumbu ini adalah

  1. Perjalanan lebih baik dilakukan di musim kemarau, untuk menghindari kabut agar maksimal melihat matahari terbit, kemudian jalanan menuju puncak minim tempat berteduh, ada beberapa warung yang jaraknya lumayan dan belum tentu buka dan bisa dijadikan tempat berteduh.
  2. Persiapkan senter atau penerangan, karena menuju ke arah puncak meskipun ada anak tangga jalanan cenderung gelap dan kita akan melewati banyak kerimbunan bambu.
  3. Idealnya berkunjung kesini dan menyaksikan sunrise di bulan bulan dimana hujan sudah tidak turun.
  4. Penuhi battery hp, kosongkan memory dan apabila akan membuat film jangan lupa untuk membawa tripod.
  5. Punthuk Setumbu adalah tempat berburu sunrise, aktifitas yang bisa dilakukan setelah melihat sunrise adalah berfoto diatas platform atau ayunan yang sudah disediakan pengelola dengan latar belakang pegunungan menoreh.

Sewa mobil Solo WisataSolo.ID 0818186285 menyediakan rental mobil Solo Magelang untuk mengunjungi Punthuk Setumbu ini, hubungi kami untuk mendapatkan harga terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *