Kuliner bersama wisata Solo

Sambal Tumpang Khasnya Kuliner bersama Wisata Solo

Kuliner bersama Wisata Solo

Berbicara tentang kuliner bersama Wisata Solo memang tidak akan pernah habis. Warga Solo memang sangat kreatif mengolah makanan dengan bahan yang sederhana tapi memiliki cita rasa yang tinggi dan membuat penikmatnya ketagihan. Satu lagi kuliner Solo yang sayang untuk dilewatkan adalah Sambal tumpang. Sambal tumpang merupakan olahan makanan yang berasal dari bahan utama yaitu tempe busuk.

Jangan heran dengan bahan tempe busuk, karena tempe busuk disini bukan tempe yang sudah tidak layak dimakan lagi tapi tempe busuk yang ini adalah tempe yang sudah terlihat menghitam dan mengeluarkan bau tak sedap mirip terasi. Konon katanya bau dari tempe ini yang membuat  nafsu maka bertambah sehingga orang akan ketagihan makan sambal yang satu ini.

Sambel tumpang memiliki rasa yang pedas, gurih, segar, dan sedikit manis. Bumbu yang digunakan untuk memasak sambel tumpang cukup beraneka ragam jadi tidak ada salahnya bila makanan ini kaya akan rasa di lidah penikmatnya. Komposisi yang digunakan untuk pembuatan sambal tumpang adalah tempe busuk dan tempe putih, untuk diingat bahwa tidak boleh memasukkan lebih banyak tempe busuk daripada tempe putih karena kalau kebanyakan tempe busuk akan membuat sambal tumpang nantinya menjadi terasa pahit.

Nah bahan pelengkap pembuatan sambal tumpang terdiri dari cabe rawit, cabe keriting, kencur, kemiri, daun jeruk, santan, bawang putih, bawang merah, daun salam, gula jawa, tahu, dan telur rebus. Untuk penyajian sambal tumpang biasanya disajikan dengan nasi putih bersama dengan pelengkap berupa rebusan sawi, bayam, daun pepaya, tauge, wortel, labu siam, kol, dan lainnya sesuai selera kemudian barulah sambal tumpang disiramkan diatasnya.

Namun mencari tempat makan sambal tumpang di kota Solo sekarang ini agak susah, alasannya klasik karena banyak orang lebih memilih makan di restoran cepat saji atau restoran dengan makanan modern. Nah bila anda ingin mencicipi makanan yang satu ini anda bisa mencoba ke satu tempat di Solo bernama Warung Gudeg Koyor dan Ayam Goreng Bu Joyo, jangan salah meski nama tempatnya ber “embel-embel” gudeg namun sambal tumpang juga tersedia disini. Warung ini berlokasi di jalan Adisucipto, Jajar, kota Solo.

Warung ini buka mulai jam 18.30  sampai tengah malam namun bagi anda yang ingin mencicipi sambal tumpang disini diharapkan lebih cepat datang berkunjung karena dikhawatirkan kalau hingga larut malam sambal tumpangnya sudah habis, sambal tumpang disini banyak fansnya sejak dulu.

Wisata Solo menyediakan sewa mobil murah di Solo, mari menjelajahi kekayan wisata tradisi, wisata batik, wisata kuliner dan wisata alam di Solo. Dapatkan pnegalaman mengesankan kuliner bersama Wisata Solo.

Selain kalian bisa kuliner bersama wisata Solo, kalian juga bisa jalan – jalan bersama wisata solo ke Menara Sanggabuana loh. Jangan lupa ya jalan – jalannya sewa mobil di WisataSolo.id 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *