sapta tirta pablengan

Sapta Tirta Pablengan Sumber Tujuh Mata Air

Sapta Tirta Pablengan merupakan wisata air dengan keunikan memiliki 7 macam mata air dengan kandungan mineral yang berbeda-beda pula. Lokasinya berada sekitar 3 Km dari Kota Karanganyar, bertempat di Desa Pablengan Kecamatan Matesih , Kabupaten Karanganyar. Letak 7 macam mata air ini saling berdekatan, masing-masing mata air antara satu dan lainnya berjarak sekitar 5 meter. Mata air Sapta Tirta Pablengan disebut sebagai mata air yang sakral dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Inilah sebabnya banyak pengunjung datang ke tempat ini bukan hanya sekadar menikmati keindahan wisata  tujuh mata air tetapi juga untuk mencoba khasiat dari ketujuh mata air. Sapta Tirta Pablengan memiliki arti 7 sumber air di desa Pablengan. Adapun ketujuh sumber mata air tersebut adalah pertama ada air Bleng yang memiliki rasa asin, sering dimanfaatkan warga untuk pembuatan karak atau kerupuk nasi. Sumber air ini tidak pernah kering dan jika ingin mengambil air ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Mata air yang kedua adalah air hangat. Mata air yang satu ini berkhasiat untuk menghilangkan penyakit kulit dan rematik, caranya dengan mandi dan menyucikan diri di air ini.

Mata air yang ketiga adalah mata air Soda. Konon katanya mata air ini memiliki rasa seperti soda itu makanya disebut mata air soda. Air ini katanya berkhasiat sebagai penyembuh penyakit diabetes, TBC, Lever, dan ginjal. Yang keempat ada mata air urus-urus, mata air ini berkhasiat bagi anda yang mempunyai masalah dengan pencernaan atau selulit. . Air ini diumpakan sebagai air yang digunakan untuk mencuci perut dari berbagai kotoran sehingga pencernaan kembali lancar. Yang kelima adalah sumber air Kasekten, sumber air ini sering dimanfaatkan untuk mensucikan juga dan raga dan mendapatkan kesehatan yang baik. Yang keenam ada Mata Air hidup, mata air ini sering dimanfaatkan  warga atau pengunjung untuk cuci muka. Konon katanya jika cuci muka dengan air ini maka akan awet muda. Yang ketujuh atau yang terakhir adalah sumber mata air mati. Konon katanyanya air ini mengandung mineral yang berbahaya jadi tidak boleh dimanfaatkan untuk dikonsumsi oleh manusia.

WisataSolo 0818186285 menyediakan Sewa mobil Solo dan sewa motor Solo   yang bisa digunakan untuk mengunjungi obyek ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *