Kuliner Solo

Sate Ayam Kekayaan Wisata Kuliner Solo

Kuliner Solo – Julukan untuk surga kuliner mungkin memang sangat cocok diberikan kepada kota Solo. Semua kuliner Solo ataupun dari daerah lain tersedia disini. Dan semuanya enak-enak, tak terkecuali sate ayam. Sate ayam sering jadi pilihan alternatif bagi orang yang  tidak suka makan sate kambing ataupun sate berbahan dasar daging semisal sate buntel. Sate ayam yang sangat terkenal di Solo yaitu sate ayam madura yang berada di Jalan Nonongan dan sate Ayam Ponorogo milik Pak Mangun Sibun. Mau mengunjungi yang mana saja itu terserah anda karena semuanya sama-sama enak. tetapi anda harus tahu bahwa ada beberapa perbedaan sate Madura dan sate Ponorogo yang bisa dijadikan referensi sebelum mengambil keputusan mau menikmati sate ayam dimana. Untuk itu disini akan dibahas tentang kedua tempat makan sate ayam tersebut beserta dengan perbedaannya.

  • Sate Ayam Madura Nonongan, kawasan Jalan Nonongan memang sangat terkenal dengan pusat penjualan sate ayam. Keunikan penjual sate disini adalah terlihat pada gerobak panggul yang terbuat dari rotan yang digunakan. Pedagang sate disini  duduk sambil membakar sate di tengah-tengah antara panggulan gerobak dengan sate. Tidak seperti lazimnya pedagang sate yang membakar satenya sambil berdiri. Warung sate buka mulai jam empat sore sampai dini hari. Banyak artis dan tokoh-tokoh penting Indonesia yang pernah mampir kesini. Anda bisa menemukan beberapa pedagang sate ayam disini dan hampir semuanya bercita rasa lezat utnuk urusan rasa.
  • Sate Ayam Ponorogo Pak Mangun Sibun, Awalnya pemilik rumah makan sate ayam ini mengawali usahanya dengan berkeliling namun para konsumennya mengeluh karena susah untuk mencari sate ini karena harus mencari berkeliling dulu, maka dari itu akhirnya ia  berjualan di emper toko.

Nah sekarang mari kita membahas perbedaan Sate Ayam Madura Nonongan dan Sate Ayam Ponorogo Mangun Sibun. Perbedaan yang sangat mudah terlihat adalah pada bumbu satenya, sate Madura menggunakan kacang halus yang ditumbuk terlebih dahulu, petis, dan kemudian ada bawang merah dan kemudian sate mentah langsung dipanggang  dengan api yang menggunakan bahan bakar batok kelapa. Sementara pada sate Ponorogo Mangun Sibun sebelumnya sate di rendam dalam bumbu atau disebut dengan istilah bacem kemudian setelah dibacem dibumbui kecap dan minyak sayur. Kedua sate ayam ini menggunakan saus kacang sebagai bumbu pelengkapnya.

Selain makanan yang enak seperti sate ayam ini, Solo juga mempunyai kebun teh bernama Kemuning yang sejuk dan juga dingin loh!

Wisata Solo menyediakan sewa mobil di Solo dengan harga murah yang akan membawa anda menjelajahi kekayaan wisata kuliner Kota Solo. Mari ke Solo bersama Wisata Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *