Wisata kuliner bersama Wisata Solo

Sate Buntel Kelezatan Wisata Kuliner Solo

Wisata kuliner bersama wisata Solo | Sate merupakan makanan khas indonesia. Ragam jenis sate bisa dijumpai di setiap daerah dengan ciri dan khas masing-masing. Tak terkecuali dengan kota Solo. Kota yang menyuguhkan berbagai destinasi wisata ini juga mempunyai segudang kuliner sate enak yang dapat memanjakan lidah para wisatawan. Salah satunya adalah olahan Sate Kambing, dan ada satu olahan dari sate Kambing yang sangat khas di sini yaitu Sate Buntel.

Sate buntel adalah sate dengan bahan utama daging kambing yang diolah dengan  cara terlebih dahulu sate di cincang sangat halus kemudian daging dibungkus dengan lemak dari daging kambing tersebut lalu dibakar hingga matang dengan menggunakan tusuk sate dari bambu.

Yang unik dari sate ini adalah biasanya sate di hidangkan dengan tanpa tusuk, ini dilakukan bukan tanpa alasan. Sebab orang – orang Solo menjunjung tinggi rasa sopan jadi ketika memakannya tidak perlu repot  untuk menggigit sate dari tusukan, kita bisa memakannya menggunakan sendok atau garpu dengan mudah, bukan karena alasan klenik dimana pemakai susuk tidak bisa memakan sate dari tusuknya. Nah biasanya sebagai pelengkap sate dihidangkan dengan bumbu kecap super maknyus, irisian kol, cabe rawit utuh dan irisan jeruk nipis.

Adapun bahan yang diperlukan untuk membuat sate Buntel ini yaitu, untuk bumbu satenya  terdiri dari daging kambing, lemak kambing,  kecap manis, santan kelapa, dan air asam jawa. Kemudian untuk bumbu sate yang dihaluskan terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, jahe, serai, jintan, garam dan merica. Untuk bumbu olesannya terdiri dari kecap manis, merica, dan minyak goreng.

Ada satu cara yang digunakan agak membuat sate buntel berbahan daging kambing ini menjadi empuk yaitu dengan menggunakan daun pepaya.  Sebelum dijadikan sate terlebih dahulu ambil selembar daun pepaya kemudian bungkus daging kambing dengan daun tersebut selama 10 menit. Yang harus diingat adalah tidak boleh lebih dari 10 menit karena dikhawatirkan nanti akan terlalu empuk.

Ada beberapa tempat  makan sate buntel yang bisa menjadi referensi untuk anda akan dibahas di bawah ini.

  • Sate buntel HJ. Bejo, warung makan ini berlokasi di Jalan Perunggu 10, Lojiwetan Solo. Warung yang tetap menjaga kesederhanaannya ini juga menjadi tempat makan sate kambing Favorit Bapak Presiden kita, Jokowi. Daging sate kambing disini terkenal sangat empuk sehingga membuat pengunjung ketagihan untuk kembali datang ke warung sate ini. Warung sate Buntel HJ. Bejo buka dari pagi sampai sore hari. Dan tempat ini sudah terkenal sejak 40-an tahun silam.
  • Rumah Makan Mbok Galak, rumah makan ini berlokasi dekat dengan terminal Tirtonadi. Meskipun namannya “Mbok Galak” tapi tidak ada kesan galak sama sekali dari pemilik ataupun pelayan di rumah makan ini. Sate buntal disini termasuk menu favorit meskipun ada menu-menu favorit lainnya. Disini lemak dari pembungkus sate lebih menggoda aromanya dibanding tempat lainnya dan rumah makan Mbok Galak juga favorit Jokowi.

masih banyak tempat makan Sate lain yang ngetop di sekitar Solo, seperti Sate Tambak segaran,Sate baturono dan lainnya yang siap memanjakan lidah anda dalam ber wisata kuliner di Solo. Solo layak juga disebut kota Sate Kambing saking mudahnya kita menemukan pedagang Sate Kambing di Solo, dari pagi hingga malam hari dengan rasa yang terpuji.

Wisata Solo menyediakan sewa mobil di Solo dengan harga murah, menemani anda untuk menjelajahi kekayaan wisata kuliner Solo, wisata budaya Solo, wisata batik Solo dan dapatkan pengalaman mengesankan bersama Wisata Solo

Tag: #WisataSolo #SewamobilSolo #Kuliner #SateBuntel #KhasSolo #TradisiSolo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *