1457506474614

Sate Kere Kekayaan Kuliner Wisata Solo

Wisata Solo – Solo sangat terkenal dengan kuliner satenya, namun banyak wisatawan solo yang hanya mengetahui sate  terbuat dari kambing dan sapi saja. Padahal ada satu menu sate yang tidak kalah terkenalnya di Solo, yaitu sate Kere. Sate Kere adalah sate berbahan dasar tempe gembus atau jeroan sapi. Tempe gembus sendiri terbuat dari ampas tahu yang difermentasi  agar menjadi padat dan mirip tempe berbahan dasar kedelai.

Disebut sate kere karena dahulu pada umumnya sate adalah makanan untuk kalangan atas saja sementara kalangan bawah dan menengah jarang mampu menyantap sate sehingga diciptakanlah sate dengan bahan tempe gembus  orang miskin atau “kere” yang harganya murah meriah sehingga orang kalangan bawah dan menengah pun dapat menyantap kuliner sate.

Meski hanya dengan bahan tempe gembus atau jeroan sapi tapi rasa sate kere ini tak kalah enaknya dengan sate berbahan daging kambing maupun daging sapi. Kini sate kere walaupun harganya murah tetapi kuliner ini tetap diperhitungkan keberadaannya sebagai hidangan  unik yang memperkaya khasanah kuliner  Solo dan menjadi salah satu pilihan wisatawan yang sedang wisata kuliner ke kota Solo.

Bumbu yang biasa digunakan untuk pembuatan sate kere adalah ketumbar, kemiri, bawang merah, bawang putih, asam jawa, gula merah, dan garam. Sebelum di panggap biasanya tempe gembus atau jeroan sapi ini di rebus terlebih dahulu dengan bumbu-bumbu diatas yang sudah dihaluskan. Setelah direbus kemudian didinginkan sebentar sebelum dipanggang. Sate kere ini biasanya disantap dengan lontong ataupun nasi kemudian ditambah saus kacang. Pembeli bisa memilih apakah ingin menyantap sate dengan tempe gembus saja atau sate dengan jeroan sapi saja.

Tempat makan Sate Kere yang terkenal di Solo adalah Sate Kere Yu Rebi,  warung makan ini berlokasi di Jalan Kebangkitan Nasional di belakang Stadion Sriwedari, Solo. Sate Kere Yu Rebi ini telah berdiri sejak 1986. Tempat ini telah menjadi langganan Pak Jokowi ketika masih menjabat sebagai walikota dan keluarganya sering mampir makan di warung ini. Sate kere Yu Rebi juga telah membuka cabang di daerah Galabo. Warung sate ini buka dari jam 10 pagi hingga jam 7 malam.

Untuk pembuatan sate dengan tempe gembus, warung sate Kere Yu Rebi mendatangkan langsung tempe gembusnya dari satu produsen sate di Sukoharjo. Selain di warung sate Yu Rebi, kita juga bisa menjumpai penjual sate kere ini di kaki lima yang ada di sekitara pusat kota Solo.

Wisata Solo menyediakan sewa mobil di Solo dengan harga terjangkau yang akan membawa anda menjelajahi kekayaan kuliner Solo yang tidak anda ketemukan di tempat lain.

Tag: #Wisatasolo #Sewamobil #solo #satekeresolo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *