sate mbok galak

Sate Mbok Galak Sumber Khasnya Kuliner Sate Solo

Berburu olahan daging kambing di Solo tak lengkap rasanya bertandang ke warung sate Mbok Galak yang beralamat di Jalan Mangun Sarkoro No. 122, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Sepintas memang warung sate ini mengesankan anglo berjelaga sehingga menampakkan kesan kurang higienis. Namun jangan ditanya soal rasanya, banyak pejabat negara juga presiden pernah jajan di warung ini. Pemiliknya bernama Sudarto, bersama dengan sang istri beliau mengelola warung sate ini sejak tahun 1980-an. Sejak buka hingga sekarang warung sate kambing Mbok Galak ini sudah menjadi langganan keluarga Ibu Tien Suharto di Ndalem Kalitan. Saat berada di Solo Bapak Suharto yang kala itu masih menjabat sebagai presiden sering berkunjung bersama keluarga atau memesan sate. Saat masih menjadi Walikota Solo, Jokowi juga sering bertandang ke warung sate ini bersama keluarga.

Mengenai asal-usul namanya yang unik “Sate Mbok Galak” menyimpan kisah tersendiri. Bulan karena pedagangnya yang berperangai galak alih-alih kasar, julukan Mbok Galak diberikan oleh salah satu bos agen salah satu rokok di daerah Singosaren, Solo, Jawa Tengah pada tahun 1983. Bos agen rokok itu dulu sering memesan sate hingga ribuan tusuk untuk dibawa ke gudang rokok di daerah Palur, Solo bagian timur, biasanya memesan pada akhir tahun. Ketika diberikan julukan Mbok Galak, Sudarto bersama almarhum ibu Sakiyem istrinya, langsung memesan spanduk. Kala itu pada tahun 1983, lokasi Warung Sate Mbok Galak berada di rumah bertingkat di seberang sebuah pom bensin di Jalan Mangun Sarkoro tak jauh dari tempat warung satenya saat ini.

Dari berdiri pertama kali hingga sekarang, Pak Sudarto, pemilik warung membeberkan rahasia di balik lunaknya daging olahan. Daging yang digunakan adalah pemilihan kambing yang berumur sekitar satu tahun. Kambing dengan umur yang tergolong muda tersebut meminimalisir bau prengus daging. Rahasia pemilihan daging tersebut ia pelajari bersama almarhum Bu Sakiyem dari Mbah Bejo yang mana masih berstatus saudara sejak tahun 1975. Hingga saat ini berjualan selama 36 tahun sejak tahun 1980, standar serta resep tersebut ia tetap jaga untuk menyajikan kualitas olahan daging kambing untuk para konsumen. Sate buntel di Warung Sate Mbok Galak ditawarkan dengan harga Rp 35.000 untuk dua tusuk.  Warung Sate Mbok Galak buka hingga sekitar pukul 18.00 WIB. Sewa mobil Solo WisataSolo.ID 0818186285 adalah sewa mobil terbaik di Solo dengan mobil berkualitas dan harga terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *