phonto (12)

Segarnya Dawet Pasar Gede Solo

Para penikmat  dawet di kota Solo pasti tidak ada yang asing lagi dengan  dawet pasar Gede. Hal ini dikarenakan  dawet disini memang terkenal enak-enak dan jadi sasaran utama para penikmat  dawet yang kebetulan mampir ke Pasar ini ataupun bagi para pembeli yang sedang berbelanja di Pasar Gede dan kebetulan ingin mencari minuman segar maka  dawet adalah pilihannya. Dawet sekilas mirip dengan cendol bedanya untuk dawet sendiri dibuat dengan tepung beras sedangkan cendol dibuat dari tepung hunkwe. Umumnya dawetdi pasar gede disajikan dengan pelengkap bubur sumsum, tape ketan hitam,gula merah ,buah nangka lalu disiram dengan santan kelapa tidak ketinggalan selasih sebagai pelengkap dari  dawet ini dan selasih jugalah yang membedakan  dawet disini dengan  dawet lainnya.

Nah untuk menikmati  dawet di Pasar Gede ada 2 tempat yang sangat direkomendasikan untuk anda jika kebetulan sedang berkunjung ke Pasar Gede.

  • Dawet Yu Darmi, dawet Yu Dermi ini sangat populer karena bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan dawetnya sendiri berasal dari bahan alami. Dawet Yu Dermi lebih harum daripada dawet di tempat-tempat lain. Pemilik warung  Dawet Yu Darmi yang merupakan generasi ketiga ini mengatakan dia biasanya mengolah kuah santan kelapa bersama dengan daun pandan dan buah nangka, kedua bahan ini membuat santan kelapa beraroma wangi dan menggugah selera. Dan untuk dawetnya berasal dari warna alami yaitu daun pandan suji yang dihaluskan kemudian diambil airnya, nah air inilah kemudian yang digunakan untuk pewarna alami dawet tersebut. Bubur sumsum yang digunakan untuk dawet ini juga terkenal lebih gurih. Usaha dawet ini dilakukan perintis dawet ayu sejak pasar Gede berdiri. Setiap harinya mereka bisa menjual 300-an mangkuk es dawet atau bila pada hari tertentu seperti hari lebaran angka terus meningkat bisa mencapai 700-an mangkuk. Kios dawet Yu Dermi ini berada di pintu utara Pasar Gede.
  • Dawet Bu Haji Siswo, warung ini berada di dekat pintu masuk pasar . Dari segi harga dawet disini memang lebih murah daripada  dawet di tempat lain namun soal rasa jangan diragukan karena rasanya sama-sama enak. Dan juga keramahan dari penjualnya adalah kunci utama mengapa banyak juga yang membeli es dawet di sini. Selain itu si pemilik dari es dawet ini juga tak segan untuk memberitahukan resep  dawet enak bila ada yang bertanya dan ingin membuatnya dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *