Segarnya Kawasan Wisata Selo Boyolali

Salah satu daerah yang memiliki hawa dingin di sekitar Solo Raya adalah Selo. Kawasan Selo berada di kecamatan Selo, Boyolali yang berada di antara kaki Gunung Merapi dan Merbabu membutuhkan waktu satu jam perjalanan dari Solo. Saat anda berada di Selo anda akan disuguhkan dengan pemandangan gunung-gunung di bagian utara maupun bagian selatan kawasan ini. Di objek wisata Selo ini anda dapat menemukan dua desa wisata yaitu Samiran dan Lencoh yang berada di ketinggian ¬+ 1.800 meter diatas permukaan laut dan suhu udaranya dapat mencapai 20 Derajat Celcius. Pengunjugn disini dapat menikmati pemandangan indah di area pendakian gunung. Fasilitas yang disediakan disini kebanyakan adalah fasilitas outbond seperti flying fox, team work dan fun game, dan New Selo yang merupakan Pos Pengamatan Gunung Berapi.
Selo sendiri merupakan jalur pendakian ke Puncak Merapi dan Merbabu. Di jalur pendakian ke arah Merapi New Selo terdapat obyek wisata baru yang disebut Omah Bambu, bagi anda yang gemar berfoto ataupun ber selfie disini merupakan tempat yang tepat dengan retribusi masuk sebesar Rp 10.000. Di kawasan wisata Selo ada satu sumber mata air yang biasa di sebut Tuk Babon. Tuk Babon ini merupakan sumber mata air yang menghidupi masyarakat di desa di Kecamatan Selo dan Cepogo. Masih di kawasan wisata Selo anda akan menemukan tempat wisata yaitu Goa Lowo dan Goa Song. Goa ini katanya pada jaman dahulu pada saat pemberontakan Merapi Merbabu Complex (MMC) terjadi dijadikan tempat penyimpanan Al-Qur’an dan sebagai tempat persembunyian warga dari serangan para pemberontak. Dan pada jaman dulu terdapat seonggok batu di pelataran Goa Song yang ternyata adalah seonggok emas. Namun kini batu tersebut tidak bisa ditemui karena menurut cerita batu tersebut telah diambil oleh Raja Kasunanan Surakarta Pakubuwono VIII. Disini juga terdapat makan Ki Ageng Sekar Alas dan sampai kini masih banyak peziarah yang mendatangi makam ini. Seperti diketahui bahwa Ki Ageng Sekar Alas ini masih memiliki hubungan saudara seperguruan dengan Ki Kebo Kanigoro.
Selain itu disini bisa juga mengunjungi agrowisata dengan fasilitas anda bisa dapat memetik aneka sayuran di kebun milik para penduduk yang mayoritas pekerjaan mereka disini adalah Petani. Bagi anda yang hobi mengabadikan momen terbaik dengan foto bisa mencoba berfoto di jembatan gantung di desa Jrakah Selo dengan latar belakang pemandangan puncak Merapi yang sungguh indah.  Mari ke Solo bersama rental WisataSolo 0818186285 dan dapatkan harga terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *