phonto (15)

Selat Solo perpaduan masakan Belanda dan Jawa

Selat Solo merupakan hidangan nusantara yang berasal dari kota Solo dan bermula dari jaman kolonial Belanda, dimana Belanda memperkenalkan bumbu bumbu dan cara memasak ala Eropa. Selat Solo adalah perpaduan antara masakan Belanda dan Jawa, dimasanya hanya kalangan ningrat atau di lingkungan kerajaan saja yang menikamtai segarnya masakan ini .

Selat Solo mirip dengan salad karena terdiri dari banyak jenis sayuran hanya saja pada selat Solo diberi kuah yang tidak terlalu kental dengan rasanya yang manis dan gurih mirip dengan kuah semur juga ada tambahan pelengkap berupa irisan daging, telur dan galantin yang merupakan olahan dari daging sapi yang digiling. Konon rasanya yang manis dan gurih ini membuat banyak orang ketagihan mencicipi kuliner yang satu ini. Adapun komposisi untuk pembuatan Selat Solo ini adalah pertama untuk isiannya dibutuhkan acar  timun, kentang goreng, wortel, buncis dan daun selada. Lalu untuk membuat kuahnya diperlukan kecap manis, kecap inggris, garam, merica bubuk, cengkeh, bawang putih, telur rebus, daging khas dalam, dan bawang bombay.

Ada beberapa tempat makan Selat Solo yang dapat direkomendasikan untuk anda ketika berkunjung di Solo

  • Warung Selat Mbak Lies, warung ini berada di Kampung Serengan di sebuah gang kecil yang hanya bisa dilalui oleh satu mobil saja. Warung ini merupakan warung selat Solo yang lumayan terkenal karena beberapa kali masuk acara liputan di televisi. Selat solo disini kuncinya ada pada isian sayurnya yang segar sehingga membuat makanan semakin sedap saja. Warung ini menggunakan konsep warung  makan yang nyaman seperti dirumah yang membuat penikmatnya merasakan kehangatan kekeluargaan disini. Banyak juga terdapat ornamen seperti guci cina, keramik, dan lukisan yang sedikit membuat kesan tidak rapi di dalamnya namun ini adalah sisi seni yang ditampilkan oleh warung ini.
  • Selat Solo Tenda Biru, tempat makan Selat Solo yang satu ini berada di sebelah timur Pesantren Ta’mirrul Mangkuyudan warung ini menu utamanya bukan Selat Solo melainkan Gudeg Ceker namun jangan salah karena Selat Solo disini banyak fansnya juga. Untuk rasa selat Solo disini tidak perlu diragukan lagi karena Selat solo disini lebih legit dari tempat lain. Dan harga yang ditawarkan tempat ini juga lebih murah namun tidak murahan jadi  banyak pengunjung yang ketagihan makan Selat Solo Tenda Biru ini.
  • Restoran Kusuma Sari, Jl Slamet Riyadi nonongan juga mempunyai menu selat Solo yang lezat. Dengan harga yang tidak membuat kantong bolong meskipun sekelas restoran dan disini masuh termasuk yang legend.

Masih ada tempat lain di Solo yang bisa anda coba untuk menikmati selat Solo yang segar, selat Gajahan, Selat Bambang di sekitar Pengadilan Negeri Solo. Solo memang surga kuliner yang tidak habis habis untuk di explore. Wisatasolo menyediakan paket tour keliling Solo untuk menyusuri surga kuliner di Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *