Solo Menari 24 Jam Festival Wisata Solo

Berbagai macam festival budaya dan tradisi yang unik di gelar di Solo dan telah menjadi event tahunan. Menguatkan posisi Solo sebagai pusat budaya dan tradisi Jawa. Salah satu festival budaya yang unik dan hanya ada di Solo adalah Solo menari 24 jam merupakan acara yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Menari Sedunia yang diperingati setiap tanggal 29 April tiap tahunnya. Hari menari sedunia digelar serempak disetiap negara. Solo menari 24 jam dimaksudkan untuk mengembangkan seni tari agar lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas dan tidak dilupakan. Solo menari 24 jam diselenggarakan berkat kerja sama  Institut Seni Indonesia Solo dan Pemerintah Kota Solo. Hari tari sedunia dicanangkan UNESCO pada tahun 1982, dan Solo sendiri memperingati hari tari sedunia sejak tahun 2007. Warga Solo senantiasa menunggu-nunggu setiap tahunnya perhelatan akbar ini.  Solo menari 24 jam dimulai sejak jam 6 pagi sampai jam 6 pagi hari berikutnya tanpa jeda.

Solo menari 24 jam masih diselenggarakan berkat kerjasama ISI dan Pemerintah kota Solo pada tanggal 28 -29 April 2016. Dengan tema yang di usung : Menyemai Rasa, Semesta Raga dan tahun 2016 ini merupakan peringatan ke 10 tahun atau dasawarsa Solo Menari 24 Jam.  Di 2016 ini acara Solo menari menghadirkan 2 penari yang akan menari selama 24 jam, yaitu Samsuri dari Institut Seni Indonesia Solo dan Mudjo Setyo dari Wayang Orang Barata Jakarta. Di dalam rangkaian acara Solo menari 24 Jam yang diikuti 250 peserta dari dalam dan luar negeri, pentas EMPU TARI, screening FILM TARI, peluncuran BUKU 24 Jam menari, bazar dan kuliner, Seminar Tari dan pameran foto. Tempat berlangsungnya pertunjukan tari berada di beberapa titik seperti Kampus ISI Solo, Grand Mall Solo, Solo Square, Jl Jendral Sudirman dan beberapa titik lainya. Acara ini tidak hanya diikuti oleh warga Solo saja, banyak peserta yang datang dari luar Solo bahkan mancanegara, seperti Jogja, Palu, Bangka, Surabaya, Bandung, Riau, Indramayu, Banjarmasin, SulSel, Sumatra Barat,  Malaysia dan China. 

Bagi anda penggiat dan penggemar seni tari yang belum bisa hadir di 2016, anda bisa hadir di 2017 dan menyaksikan even tari terbesar di Indonesia. Wisata Solo menyediakan sewa mobil di Solo dengan harga murah, mobil terawat dan sopir ramah yang menguasai Solo dengan baik. Mari ke Solo

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *