sop ayam solo

Sop Ayam Solo Sari Prasojo Nusukan

Jam sudah menunjukan pukul 07:30 ketika melintas kawasan Nusukan. Perut sudah mulai terasa keroncongan dan lapar pun melanda. Maklum pagi ini, saya meninggalkan rumah Jakarta jam 03:30 dini hari demi mengejar penerbangan pagi jam 05:30.  Pagi ini saya dijemput oleh Mas Ar, driver dari rental langganan di Solo, rental WisataSolo.

Saya      : “Mas Ar, kuliner pagi pagi di Solo yang hangat selain Soto apa ya ?”

Mas Ar : ” Mau yang dekat Nusukan sini atau yang agak jauh pak ?”

Saya     : ” Yang deket ae mas, lapar sudah melanda”

Mas Ar : ” Kerso dahar Sop Ayam Pak ? wonten cerak mriki ( Apakah mau makan Sop Ayam ? Ada didekat sini ”

Saya   : ” Enak tapikan ? ”

Mas Ar : ” Njih Pak, meniko milai jaman kulo alit ( iya Pak, ini sudah sejak jaman saya kecil)”

sop ayam soloAkhirnya kita menuju ke sebuah warung sederhana yang bernama Sari Prasojo yang tampak bersih dan rapi, Prasojo sendiri dalam bahasa Jawa berarti Sederhana atau sepantasnya, salah satu kata yang sering dijadikan nasehat oleh para sepuh.  Warung Sari Prasojo pagi terlihat ramai, dari menu dan spanduk yang saya baca, mereka menyediakan Sop Ayam dan Soto Ayam. Kedua menu ini adalah menu favorit saya ketika berada di Solo Raya. Tapi pagi ini saya mencoba Sop Ayam Solo Sari Prasojo yang direkomendasikan oleh Mas Ar dari rental mobil WisataSolo.

Sambil menunggu Sop Ayam Solo Sari Prasojo datang, diatas meja berderet deret aneka gorengan dan sate satean khas Solo, Tempe goreng yang tipis dan kering, Sate uritan, Tahu goreng yang menjadi favorit saya , sate telor puyuh hingga sosis Solo. Sambal yang di sediakan disini juga ada dua macam, sambal kecap dan sambal non kecap, tingal masalah selera saja mana yang akan dijadikan teman makan sop ayam. Tidak peru menunggu lama beberapa menit kemudian sop ayam solo pesanan saya datang, dengan kuah bening mirip soto solo, potongan daging ayam, soun, adanya potongan kentang goreng yang membuatnya mirip dengan soto, yang membuat beda adalah adanya potongan wortel yang memastikan dia adalah Sop 😀 . Sendokan pertama wah rekomendasi mas Ar dari rental mobil WisataSolo tepat sekali, sedap dan kaldunya sangat terasa, sangat cocok dinikmati di pagi hari seperti ini. Selesai makan ketika bayar pun harganya bikin kaget, murah khas Solo. Pagi ini saya mendapat tempat kuliner baru yang bisa saya rekomendasikan. Terima Kasih rental mobil WisataSolo , terimakasih Mas Ar atas rekomendasinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *