Taman Balekambang Oase di Kota Solo

Jika sudah lelah menjelajah perkampungan batik dan pasar tradisional di Solo tidak ada salahnya mencoba tempat yang satu ini, Taman Balekambang.  Taman ini resmi dibuka sejak tahun 2008 dan dibuka menjadi hutan kota untuk warga Solo. Taman ini memiliki luas lebih dari 5 hektar, ada belasan pepohonanan  berumur ratusan tahun yang tumbuh disini. Balekambang berasal dari dua gabungan kata yaitu bale yang berarti balai dan kambang yang berarti mengapung dan hal ini menunjukkan kalau ada sebuah taman diatas Telaga kecil di masa lalu. Ketika pertama mengunjungi taman Balekambang anda disarankan melihat papan yang berisikan denah rinci tempat menarik yang ada di taman Balekambang ini. Dari peta tersebut di dapat 17 tempat yang  ditandai yaitu panggung terbuka, gedung kesenian, Partina Bosch, Partini Tuin, Danau, Bale Apung, Kolam Renang, Bale Tirtoyoso, Batu Lintang, Musholla, Taman Reptil, Batu Asmara, Jalan Batu, MCK, lokasi outbond dan terakhir ada kebun pembibitan.

Terdapat tulisan Taman Balekambang berukuran besar disini yang kemudian di belakangnya dengan sedikit mendaki bukit rendah terdapat undakan menurun dengan tempat duduk setengah lingkaran besar yang di bagian bawahnya terdapat panggung terbuka. Panggung ini bisa digunakan serbaguna mulai dari kegiatan kelompok seni musik, kegiatan budaya, acara kumpul para karyawan perusahaan, dan bisa juga digunakan untuk tempat kegiatan komunitas. Kemudian ada  Patung Partinah Bosch di taman Balekambang, di sini terdapat  papan sejarah tentang Taman Balekambang. Sebelumnya  tempat ini bernama Partini Tuin dan Partinah Bosch , di bangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada 1921 sebuah nama untuk mengabadikan putri tercintanya  GRAy Partini dan GRAy Partinah. Partini merupakan putri tertua dari KGPAA Mangkunegara VII, semula taman ini terbagi dua yaitu area Partini Tuin yang artinya taman air Partini dan Partinah Bosch yang artinya hutan kota Partinah. Namun kini kedua area tersebut menyatu menjadi taman kota yang sangat luas denga berbagai fasilitas untuk publik.  Kita juga dapat menikmati area danau di taman Balekambang dengan patung GRAy Partinah yang berada di tengah-tengah danau dan untuk sampai ke danau ini harus melewati sebuah lapangan hijau yang sangat luas. Taman ini serasa menjadi Oase ditengah kota Solo yang cukup panas.

Ditaman ini anda juga menemukan kawanan rusa, monyet dan angsa yang dilepaskan didalam area taman. Rusa disini telah terbiasa dengan hadirnya pengunjung bahkan tak jarang akan menghampiri anda untuk sekedar minta dibelai atau meminta makan. Di tengah danau buatan anda juga bisa memancing, kawanan ikan bawal air tawar yang berukuran jumbo dengan mudahnya di pancing. Wisatasolo menyediakan sewa mobil di Solo denga harga terjangkau yang akan membawa anda menjelajahi kekayaan kuliner dan tradisi Solo raya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *