taman banjarsari

Taman Banjarsari Keteduhan Taman Kota Solo

Taman Banjarsari merupakan salah satu wisata Taman di Solo yang di dalamnya terdapat monumen bersejarah, yaitu Monumen 45. Monumen 45 dibangun oleh pemerintah Kota Surakarta pada tanggal 31 Oktober 1973 untuk mengenang perjuangan rakyat Surakarta pada momentum serangan umum yang terjadi selama empat hari tersebut. Serangan yang di gagas oleh Letkol Slamet Riyadi dan Mayor Ahmadi ini dimulai di Taman Banjarsari, sehingga hal tersebut menjadi alasan mengapa monumen tersebut dibangun di tempat ini. Hingga tahun 2006, Taman Banjarsari ini digunakan untuk berjualan barang-barang antik, sehingga wilayahnya terlihat tidak terawat dan kumuh.  Di era Walikota Bpk Joko Widodo, taman ini dikembalikan pada fungsinya, kini Taman Banjarsari menjadi salah satu wisata taman kota di Solo yang rapi dan bersih.

Sebagai tempat publik dan ruang terbuka hijau, kawasan Taman Banjarasari secara keseluruhan terbagi ke dalam empat wilayah, yang terdiri dari wilayah olahraga, taman bermain, tempat kebugaran, dan hutan kota. Taman ini juga dilengkapi dengan air mancur, jalur pejalan kaki, penghijauan kota, serta tempat parkir untuk sepeda. Taman seluas 17.688 meter persegi ini tidak hanya dapat digunakan untuk berteduh sambil bersantai, pengunjung yang datang pun memanfaatkan taman ini sebagai tempat untuk aktivitas olahraga. Terdapat pula arena taman dengan aneka permainan untuk anak-anak, dan para orangtua bisa bersantai sambil duduk di kursi-kursi taman yang dikelilingi pepohonan hijau.

Tiket masuk Taman Banjarsari dapat dinikmati secara gratis oleh masyarakat umum, hanya dibutuhkan biaya sebesar Rp 2000 untuk membayar parkir. Beralamat di Kelurahan Setabelan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Taman Banjarsari sangat mudah dijangkau karena lokasinya yang berada di tengah kota. Akses untuk dapat memasuki taman ini hanya bersumber pada satu pintu dengan tulisan Villa Park Banjarsari. Sebelumnya terdapat empat pintu masuk yang dibuka untuk memudahkan pengunjung, namun pengunjung yang hadir menjadi tidak terkontrol dan seenaknya menggunakan fasilitas umum ini. Sehingga diputuskan untuk hanya membuka satu pintu saja sebagai akses keluar masuk taman ini.

Tour dan Travel http://WisataSolo.ID  0818186285 adalah penyedia jasa rental mobil murah dan terbaik di Solo.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *