phonto (30)

Taman Satwa Taru Jurug Alternatif Wisata Solo

Taman Satwa Taru Jurug atau disebut juga kebun binatang Taru Jurug merupakan salah satu destinasi wisata di kota Solo. pada musim liburan sekolah biasanya tempat ini ramai di kunjungi bahkan kadang sampai membuat anda yang datang kesusahan mencari tempat parkir bagi yang membawa kendaraan pribadi.  Dulu taman satwa ini hanya berupa taman kota biasa yang terletak di tepi Bengawan Solo. Namun setelah wafatnya Paku Buwono X dan Taman Sriwedari yang merupakan tempat hewan-hewan semula tidak terawat lagi maka kemudian hewan-hewan itu dipindahkan ke Taru Jurug  untuk menjamin kehidupan para satwa dan jadilah taman kota itu berganti nama menjadi Taman Satwa Taru Jurug.

Taman ini memang diperuntukkan bagi wisata keluarga sehingga fasilitasnya semakin di lengkapi seperti koleksi fauna dan flora, masjid, arena bermain anak, kereta mini dan lain-lain. Pada hari-hari tertentu di taman ini juga diadakan pementasan reog, pertunjukan musik, syawalan dan festival Gethek yang diadakan setahun sekali. Koleksi binatang di Taman Satwa Taru Jurug lumayan lengkap, hal ini menjadi alasan banyaknya orang tua mengajak anaknya ke taman ini untuk memperkenalkan satwa kepada mereka. Koleksi satwa tersebut antara lain merak hijau, macan tutul, harimau sumatera, ular, komodo, iguana, kuda, landak, berbagai macam burung dan unggas, beruang, kera, zebra, unta, buaya, merak, kijang, gajah,  siamang, dan satwa lainnya. Ada juga Gajah tertua bernama Kyai Rebo yang telah mati dan di awetkan yang bisa kita lihat di taman ini. Selain satwa kita juga bisa menikmati beragam flora di sini misalnya saja pepohonan cemara, pinus, trembesi, flamboyan, akasia dan beberapa jenis pohon lainnya yang akan membuat anda semakin betah ketika berada di dalam taman satwa yang satu ini. Dan pepohonan yang tinggi itu juga berguna untuk membuat hewan merasa tinggal di habitat aslinya. Di taman satwa ini juga terdapat sebuah monumen untuk memberi penghormatan pada seniman keroncong legendaris Gesang.  Letak Taman Satwa Taru Jurung berada pada jalan utama sehingga akses menuju ke sana sangat mudah.

Wisata Solo menyediakan sewa mobil murah di Solo yang akan membawa anda berpetualang menikmati keanekaragaman kuliner, tradisi, batik dan wisata alam Solo. Mari ke Solo bersama wisata Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *