umbul manten

Umbul Manten Menikmati Kejernihan Seperti Kaca

Umbul Manten berlokasi di Klaten dan terkenal dengan obyek Wisata Air nya. Klaten merupakan wilayah eks karesidenan Solo yang letaknya berada di sebelah barat daya pusat kota Solo. Klaten menyimpan banyak potensi wisata alam kolam alami yang beberapa diantaranya sudah terkenal sebagai destinasi wisata alam yang menawarkan kesegaran mata air yang masih alami. Masyarakat setempat Klaten biasa menyebut sumber mata air dengan sebutan umbul. Beberapa umbul di wilayah Klaten yang dijadikan objek wisata antara lain terdapat Umbul Ponggok yang memang sudah terkenal sebagai tujuan wisata mata air alami. Namun tak jauh dari lokasi Umbul Ponggok terdapat kolam mata air yang masih terjaga keasriannya karena belum banyak tersentuh fasilitas penunjang tempat wisata seperti halnya yang dijumpai pada Umbul Ponggok. Nama umbul yang kini jadi banyak mendapat sorotan oleh netizen adalah Umbul Manten.

Umbul ini berlokasi tak jauh dari Umbul Ponggok, terletak di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Polanharjo, Klaten. Meskipun lokasinya tak jauh dari Umbul Ponggok, namun tampaknya keberadaan Umbul Manten ini belum mendapat perhatian khusus dari Dinas Pariwisata setempat untuk dibangun fisilitas yang lebih memadai. Tetapi justru itulah alasan mengapa wisata kolam air ini menjadi incaran netizen karena memang suasana Umbul ini betul-betul asri. Beningnya air bak kaca seakan membujuk siapa saja untuk menyelam dikedalamnya. Dikelilingi oleh akar pohon Ipik yang kokoh, ditambah angin sepoi-sepoi membelai dedaunan pohonnya diatas sana membuat siapapun tak ingin lekas beranjak dari kolam ini. Tak mengherankan jika beberapa tahun terakhir banyak postingan di instgram yang mencantumkan lokasi Umbul Manten ini sebagai lokasi peng-upload-an. Karena kecantikannya yang memukau, lambat laun tempat ini menjadi viral dan banyak pengunjung berdatangan dari berbagai daerah untuk menyaksikan sendiri keelokan mata air Umbul Manten. Sebagian besar pengunjung di Umbul Manten adalah anak muda. Mereka berfoto dengan tema yang beragam dan rata-rata menggunakan konsep dengan ide kreatif. Foto shot dilalukan di dalam air, dan beberapa diantaranya tampak seperti jepretan kamera profesional. Jernihnya air Umbul Manten menentukan pula keberhasilan foto berkonsep underwater yang mereka usung. Tak jarang juga pengunjung yang datang memanfaatkan sebagai foto prewedding.

Lokasi Umbul Manten ini relatif mudah dijangkau, baik dari arah Jogja maupun dari arah Solo. Biaya yang dikeluarkan untuk memasuki kawasan wisata air ini hanya sebesar Rp. 5.000,- dengan rincian Rp.3.000,- untuk retribusi dan Rp.2.000,- untuk parkir kendaraan roda dua. Belum ada fasilitas kamar ganti bagi pengunjung yang ingin berenang, pastikan pengunjung menyediakan kain penutup untuk berganti pakaian. Satu hal yang paling penting, pengunjung diharapkan menjaga kebersihan kawasan Umbul Manten dari sampah apapun. Akan sayang bila tempat seasri Umbul Manten ini harus tercemar dengan sampah akibat perilaku pengunjung yang tidak terpuji. Selamat bertamasya! 

Mari mengunjungi umbul ini bersama http://wisatasolo.id 0818186285  Toaur, Travel , Rental Mobil dan Motor di Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *